PELATIHAN E-COMMERCE MELALUI GOOGLE SITE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN SEDERHANA
Keywords:
E commerce, Google Site, Pemasaran SederhanaAbstract
Peserta siswa SMKN 3 Kota Baubau, didapat informasi bahwa para peserta belum pernah ada yang mencoba untuk membuat website dan mayoritas belum mengetahui informasi tentang dunia website serta belum bisa membuat website. Pelatihan pembuatan website kali ini memanfaatkan CMS karena tidak perlu lagi paham bidang teknologi informasi khususnya penulisan Bahasa program. Tujuan dari pengbdian ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya strategi pemasaran online. Memberikan edukasi kepada peserta didik SMKN 3 Kota Baubau tentang E-Commerce. Mengimplementasikan ilmu manajemen pemasaran melalui pelatihan E-Commerce melalui google site sebagai media pemasaran produk. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta didik SMA Negeri 3 Kota Baubau mampu membuat website e commerce yang siap digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk jasa hotel secara digital. Luaran wajib yang dicapai adalah publikasi jurnal nasional yang terakreditasi.
References
Amalia, R. F., & Nurussama, N. (2018). Analisis Hubungan Norma Subjektif Terhadap Minat Pengusaha UMKM Untuk Membuat Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Dengan Kemampuan Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(1), 9–19., https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.27.
Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35.
Laudon, Kenneth C. & Laudon, J. P. (2014). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mujiyana, I. E. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Teknol. Inf., Vol. VIII, No. 3, Pp. 143–152,.
Pradnyana, G. A., Arthana, I. K. R., Putrama, I. M., Ardwi, I. M., Pradnyana, & Sindu, I. G. P. (2017). Pembuatan dan Pelatihan Pengelolaan Website serta Email Resmi untuk Organisasi Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) Kabupaten Buleleng. SENADIMAS, 2, 134–143. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_528 23984 642.pdf.
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. 2022, Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Rahmidani, R. (2015). “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,” in SNEMA,.
Sarwono, J. Dan Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online: Cara bisnis di Internet. Elex Media Koputindo.
Sulistiyanto, Saprudin, U., Sutomo, B., & Hartono, T. B. (2021). Pendampingan Pembuatan Website Menggunakan Content Management System & Plugin bagi Mahasiwa Manajemen Haji dan Umroh Institut Agama Islam Negeri Metro. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 62–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkomas.v2i2.1066.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sukrin, Abel Haryanto, Abdul Malik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.