PELATIHAN PEMANFAATAN MATERI BAHASA JERMAN DI YOUTUBE BAGI GURU BAHASA JERMAN SMA DI KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • Alamsyah Alam UNM
  • Muftihaturrahmah Burhamzah Universitas Negeri Makassar
  • Syarifah Fatimah Universitas Negeri Makassar
  • Wahyu Kurniati Asri Universitas Negeri Makassar
  • Misnah Mannahali Universitas Negeri Makassar
  • Laelah Azizah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

youtube, , Bahasa Jerman dan media pembelajaran

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang dengan kecepatan tinggi telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi. Mencari dan mendapatkan informasi tidak lagi terbatas melalui surat kabar, buku, televisi dan radio, tetapi kini dapat diperoleh melalui jaringan internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak cukup berarti dari perkembangan teknologi informasi ini adalah bidang pendidikan. Hadirnya internet sebagai sumber informasi memungkinkan seseorang untuk mencari serta menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk penemuan penelitian ke seluruh dunia dengan mudah, cepat, dan murah, sehingga pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat lebih cepat dan merata. Dengan demikian, segala informasi yang ada di internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Jaringan internet yang makin meluas dan sudah tidak asing lagi bagi kehidupan manusia modern melahirkan pembelajaran berbasis internet (elearning), yaitu proses pembelajaran yang menggunakan jaringan internet sebagai media pembelajarannya. Sifat e-learning fleksibel karena dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Dengan demikian, e-learning cukup efektif sebagai salah satu metode pembelajaran. Selain dapat dilakukan dua arah, e-learning juga dapat dilakukan satu arah dengan metode pembelajaran berbasis web (web based learning). Proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif akhir-akhir ini berkembang dengan sangat pesat. Hal ini diakibatkan oleh pengajar yang mulai menemukan hal baru dalam proses belajar mengajar agar kegiatan tersebut lebih efektif dalam pembelajaran. YouTube merupakan layanan video berbagi yang disediakan oleh Google bagi para penggunanya untuk memuat, menonton dan berbagi klip video secara gratis. YouTube merupakan wujud dari pergeseran teknologi internet (world wide web) dari “read only web” ke “read write web”. Untuk memperkaya materi, selain dari buku-buku, video-video dari Youtube dipergunakan sebagai sumber pembelajaran dan juga sebagai sumber data. Ada banyak video yang ditampilkan selama pelajaran berlangsung yang disesuaikan dengan topik yang dibahas setiap minggunya

References

Baihaqi. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 07, 84.

Brünner, Ines. 2009. Gehirngerechtes Lernen mit digitalen Medien. München: Iudicium Verlag.

Burke, S.C., Snyder, S., Rager, R.C. 2009. An Assessment of Faculty Usage of Youtube as a Teaching Resource. The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice. Vol. 7 No. 1, available online at http://ijahsp.nova.edu.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Falahuddin. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara (Edisi 1 No. 4), 104 – 117.

Mahendra, Maria Diyan T.N. 2012. Keefektifan Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, FBS UNY.

Mulawarman., & Aldila Dyas Nur Fitri. (1017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, Vol. 25, No 1, 37.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Alam, A., Muftihaturrahmah Burhamzah, Syarifah Fatimah, Wahyu Kurniati Asri, Misnah Mannahali, & Laelah Azizah. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN MATERI BAHASA JERMAN DI YOUTUBE BAGI GURU BAHASA JERMAN SMA DI KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 133–141. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/21