PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KARTU PERMAINAN PECAHAN BIASA-DESIMAL

Authors

  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Barep Yohanes Universitas PGRI Banyuwangi
  • Anita Dewi Utami Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pendampingan, Minat, Belajar Matematika, Permainan Kartu, Pecahan

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan kegiatan interaksi antara Pendidik, peserta didik, dan sumber belajar dalam kegiatan belajar matematika. Calon Pendidik matematika memiliki kesempatan untuk dapat melakukan praktik pembelajaran matematika. Mahasiswa Pendidikan Matematika yang melakukan program Kampus Mengajar angkatan V tahun 2023 di SD Negeri 6 Macan Putih memiliki kesempatan untuk dapat belajar melakukan pembelajaran matematika. Kesulitan dialami dalam segi pembelajaran yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Macan Putih. Pengabdian dilakukan untuk mendampingi kegiatan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa. Metode pendampingan dilakukan dengan melakukan Analisa situasi yang dialami oleh mahasiswa dalam praktik mengajar pada program Kampus Mengajar angkatan V tahun 2023 di SD Negeri 6 Macan Putih. Hasil Analisa masalah selanjutnya dilakukan diskusi dan pembahasan dengan ahli dalam bidang pembelajaran matematika. Hasil diskusi diberikan masukan perihal pemanfaatan alat peraga kartu pecahan biasa-desimal untuk dapat meningkatkan minat belajar. Pendampingan yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan permainan kartu pecahan biasa-desimal dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Macan Putih dengan hasil peningkatan sebesar 84, 61%.

References

Aedi, W. G. (2018). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 41–46.

Agnes, T. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI 023 TARAKAN TP. 2018/2019. EDUKASIA, 6(2), 18–27. http://ojs.borneo.ac.id/ojs/index.php/JED

Bahri, S., Fajria, L., & Syofyan, S. (2023). PKM WAWASAN APLIKASI MATEMATIKA DI DUNIA KERJA TERHADAP PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM BERMATEMATIKA. JABB: Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1276–1282. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2

Jayanti, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V/B SDN-2 BUKIT TUNGGAL PALANGKARAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 1–8.

Kiptiyah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Pecahan Desimal, melalui Metode Bermain dengan menggunakan Media Kartu Pecahan, pada Siswa Kelas VI SDN Klantingsari 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 2(2), 3136.

Kotib, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Pecahan Sederhana melalui Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas VI SDN Temon Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Tahun. Journal of Islamic Religious Instruction, 4(1), 51–68.

Kurniasari, N., Ma’ruf, A. H., Ahmad, A., & Nurimani. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DI PKBM. JOURNAL OF SOCIAL OUTREACH : Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(1), 43–52.

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021 Lembaga Penelitian, Pengembangan, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M), 206–209.

Mahanani, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI 2 WATES. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 31, 7.

Murdiyanto, T., & Mahatma, Y. (2014). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sarwahita, 11(1), 38–43.

Paut, F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Alat Peraga Kartu Pecahan Dengan Media Animasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Oesusu. Haumeni Journal of Education, 2(1), 36–48.

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(01), 1–12.

Trisnani, N. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ALAT PERAGA KARTU BILANGAN PECAHAN DI SD NEGERI KASATRIYAN. SEJ (School Education Journal), 9(4), 360–368.

Yohanes, B., Darmawan, P., & Nugroho, P. B. (2023). PENALARAN INDUKTIF SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KETERBAGIAN BILANGAN BULAT. SIGMA, 8(2), 84–93. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/1735

Yohanes, B., & Setyowati, I. D. (2022). Pembinaan Olimpiade: Meningkatkan Kemampuan Operasi Matematika bagi Siswa SD Negeri 3 Buluagung. Jurnal Anugerah, 4(2), 109–120. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4279

Yohanes, B., & Setyowati, I. D. (2022). PKM Peningkatan Kemampuan Operasi Kalibatakur Dalam Bimbingan Olimpiade Matematika Di SD Negeri 3 Buluagung. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat) , 6(2), 15–20.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Puguh Darmawan, Barep Yohanes, & Anita Dewi Utami. (2023). PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KARTU PERMAINAN PECAHAN BIASA-DESIMAL. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1122–1132. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/198