STRATEGI PEMASARAN MELALUI BISNIS DIGITAL PRODUK KRIPIK KELAPA DI DESA WATES, KECAMATAN JENANGAN, KABUPATEN PONOROGO
Keywords:
Perkembangan Teknologi, Bisnis Digital, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi dan internet telah memberikan dampak signifikan pada cara bisnis dijalankan. Salah satu sektor yang telah mengalami transformasi tersebut adalah industri makanan ringan, termasuk produk kripik kelapa. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan strategi pemasaran digital yang telah mempengaruhi kinerja bisnis kripik kelapa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi ini. Dalam pengabdian ini dilakukan pengamatan terhada pelaku usaha yang menggunakan strategi marketing. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat dijadikan acuan terhadap kegiatan bisnis dari UMKM Kripik Kelapa. Melalui penerapan itu memperlihatkan adanya peningkatan kinerja perusahaan.
References
Agustina, Y., Regita Septiany, P., & Safitri, K. (2020). Pembuatan Keripik Kelapa Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Bencana di Kabupaten Lombok Utara. 3(2)
Rindengan, B et all. 1995. Karakterisasi Daging Buah Kelapa Hibrida untuk Bahan Baku Industri Makanan. Laporan Hasil Penelitian Kerja sama Proyek Pembinaan Kelembagaan Penelitian Pertanian Nasional. Badan Litbang.
Fellows, P.J. (2015). Teknologi Pengolahan Pangan : Prinsip dan Praktik. Jakarta: Buku Kedokteran Edisi 3 EGC. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2018). Panduan Penilaian Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. http://www.ristekdikti.go.id/kinerja_abdimas
Winarno, F.G. (2014). Kelapa Pohon Kehidupan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.
Sipayung, Eunike (2018). Analisis Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Pengunjung (Studi Pada Kampoeng Kopi Banaran PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX KABUPATEN SEMARANG) Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana.https://doi.org/10.36728/afp.v19i2. 901.
Hartomo DD. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol, 14 (1), hal. 15-30. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/2678/2164
Situmenang, RR. (2018). Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan PEndapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 319-335. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/11620/8724
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardian Andrianto, Febri Wimpi Hariadi, Nadya Erista Rahmawati, Diaz Febriamita, Eka Vidiani, Bambang Widiyahseno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.