STRATEGI PEMASARAN MELALUI BISNIS DIGITAL PRODUK KRIPIK KELAPA DI DESA WATES, KECAMATAN JENANGAN, KABUPATEN PONOROGO

Authors

  • Ardian Andrianto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Febri Wimpi Hariadi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nadya Erista Rahmawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Diaz Febriamita Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Eka Vidiani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Bambang Widiyahseno Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Perkembangan Teknologi, Bisnis Digital, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet telah memberikan dampak signifikan pada cara bisnis dijalankan. Salah satu sektor yang telah mengalami transformasi tersebut adalah industri makanan ringan, termasuk produk kripik kelapa. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan strategi pemasaran digital yang telah mempengaruhi kinerja bisnis kripik kelapa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi ini. Dalam pengabdian ini dilakukan pengamatan terhada pelaku usaha yang menggunakan strategi marketing. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat dijadikan acuan terhadap kegiatan bisnis dari UMKM Kripik Kelapa. Melalui penerapan itu memperlihatkan adanya peningkatan kinerja perusahaan.

References

Agustina, Y., Regita Septiany, P., & Safitri, K. (2020). Pembuatan Keripik Kelapa Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Bencana di Kabupaten Lombok Utara. 3(2)

Rindengan, B et all. 1995. Karakterisasi Daging Buah Kelapa Hibrida untuk Bahan Baku Industri Makanan. Laporan Hasil Penelitian Kerja sama Proyek Pembinaan Kelembagaan Penelitian Pertanian Nasional. Badan Litbang.

Fellows, P.J. (2015). Teknologi Pengolahan Pangan : Prinsip dan Praktik. Jakarta: Buku Kedokteran Edisi 3 EGC. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2018). Panduan Penilaian Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. http://www.ristekdikti.go.id/kinerja_abdimas

Winarno, F.G. (2014). Kelapa Pohon Kehidupan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Sipayung, Eunike (2018). Analisis Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Pengunjung (Studi Pada Kampoeng Kopi Banaran PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX KABUPATEN SEMARANG) Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana.https://doi.org/10.36728/afp.v19i2. 901.

Hartomo DD. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol, 14 (1), hal. 15-30. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/2678/2164

Situmenang, RR. (2018). Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan PEndapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 319-335. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/11620/8724

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Andrianto, A., Hariadi, F. W., Rahmawati, N. E., Febriamita, D., Vidiani, E., & Widiyahseno, B. (2023). STRATEGI PEMASARAN MELALUI BISNIS DIGITAL PRODUK KRIPIK KELAPA DI DESA WATES, KECAMATAN JENANGAN, KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1049–1054. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/191