PELATIHAN PENANGANAN CEDERA RINGAN BAGI SISWA KELAS IX DI SMP NUR CAHAYA MEDAN

Authors

  • Resmi Pangaribuan Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan
  • Jemaulana Tarigan Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan
  • Arni Juwita Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan
  • Cinsih Rotua Lubis Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan
  • Atsnia Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan

Keywords:

Penanganan, Cedera Ringan , Siswa Kelas IX

Abstract

Cedera dapat menyerang hampir seluruh bagian tubuh, biasanya anak anak apabila dihadapkan dengan suatu permainan mereka lupa bahwa mereka dibatasi dengan aturan supaya mereka tidak sampai mengalami cedera. Hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap fisik dan juga mentalnya, apalagi untuk anak pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena mereka masih dalam tahap pertumb uhan dan perkembangan yang sangat baik. Penyebab cedera bisa disebabkan oleh faktor eksternal (dari luar pelaku) dan faktor internal (dari dalam diri pelaku). Metode:  Metode yang digunakan adalah adalah one groups Pretest-Posttest design. Dilakukan pada 26 orang siswa kelas IX-1. Kegiatan  yang  digunakan  dalam  program  pengabdian  masyarakat  ini  berupa penyuluhan  dan  simulasi  Pelatihan pertolongan  Cedera Ringan bagi siswa kelas IX SMP Nur Cahaya Medan. Hasil:  Siswa Kelas IX  yang  mengikuti  kegiatan  penyuluhan  dan  simulasi ini memahami tentang cara pertolongan Cedera Ringan bagi siswa kelas IX SMP Nur Cahaya mampu meningkatkan pengetahuan siswa kelas IX tentang  bagaimana  cara  melakukan  pertolongan  yang mengalami  cedera ringan. Kesimpulan: Kegiatan  ini  dapat  meningkatkan  pengetahuan  siswa  tentang pertolongan cedera ringan.

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abduljabar, B & Lubay, L. (2015). PJOK SMP/Mts Kelas 9. Jakarta: Kemendikbud.

Abdurrarahman, (2011). Dasar-dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia

Asmarita, D. (2019). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VIII Terhadap Pertolongan Pertama pada Cedera di Lingkungan SMP Negeri Se-Kecamatan Pajangan Bantul Tahun 2019. Skripsi. Yogyakarta : UNY.

Junaidi, I. (2011). Pedoman pertolongan pertama. Yogyakarta:CV Andi Offset Kuswana, W.S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarta

Mohamad, K. (2013). Pertolongan pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nurhalim Hanif (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas Ix Tentang Pencegahan Dan Perawatan Cedera Di SMP Negeri 3 Sewon.Skripsi. Yogyakarta.UNG

Pangaribuan, R., & Sinuraya, E. (2022). Edukasi tentang Tindakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (Firs Aid) pada Siswa Kelas Ix di Smp Tunas Karya Batang Kuis. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(9), 3037-3045.

Pangaribuan, R., & Agustina N. P (2020). Media Pembelajaran Promosi Kesehatan. El-Markazi. Bengkulu

Rosdiani, D. (2013). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Resmi Pangaribuan, Jemaulana Tarigan, Arni Juwita, Cinsih Rotua Lubis, & Atsnia. (2023). PELATIHAN PENANGANAN CEDERA RINGAN BAGI SISWA KELAS IX DI SMP NUR CAHAYA MEDAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(04), 972–978. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/184