INTEGRASI (BAMBOOZLE: WEB-BASED GAME) DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP KARTIKA XX-2 MAKASSAR
Keywords:
Bamboozle: Web-based gameAbstract
Pelatihan penggunaan game Bamboozle berbasis web bagi guru dan siswa SMP Kartika XX-2 Makassar merupakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan siswa dalam menggunakan game edukasi online bernama Bamboozle. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode hands-on learning, dimana para peserta akan dilibatkan secara langsung dalam menggunakan Bamboozle sebagai media pembelajaran. Dalam pelatihan ini, para peserta akan diberikan pemahaman mengenai konsep dan manfaat dari game edukasi online Bamboozle, serta bagaimana cara menggunakannya sebagai media pembelajaran yang efektif. Setelah mengikuti pelatihan ini, para guru dan siswa di SMP Kartika XX-2 Makassar diharapkan dapat menggunakan Bamboozle secara mandiri dan efektif dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.
References
Aeni, N., Fitriani, F., & Fitri, N. (2019). The Use of Circle Games to improve the Mastery of English Vocabulary of the Indonesian Maritime Academy Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(3), 239-244
Hergenhahn, B. R. dan Olson, Matthew H. 2010. Theories of learning (teori belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: Mengembangkan profesionalisme abad 21. Bandung: Alfabeta.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.
Murray, J. Student led action for sustainability in higher education: A literature review. Int. J. Sustain. High. Educ. 2018, 19, 1095–1110. [CrossRef].
Punyasettro, Santhanat, and Pratchayapong Yasri. "A Game-Based Learning Activity to Promote Conceptual Understanding of Chordates' Phylogeny and Self-Efficacy to Learn Evolutionary Biology." European Journal of Educational Research 10.4 (2021): 1937-1951.
Reflianto, Setyosari, P., Kuswandi, D., & Widiati, U. 2021. Reading comprehension skills: The effect of online flipped classroom learning and student engagement during the COVID-19 pandemic. European Journal of Educational Research, 10(4), 1613-1624. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1613
Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jambi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Hlm. 214 – 224.
Song, S., & Song, S. (2018). Second language acquisition theories. Second language acquisition as a mode-switching process: An empirical analysis of Korean learners of English, 9-36.
Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, James D. Russel. 2012. Instructional technology and media for learning. Jakarta: Kencana Prenada Media group.
Snelbecker, Glenn E. 1974. Learning Theory, Instructional Theory, and Psychoeducational Design. New York: McGrow Hill Book Company.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Tukiran Tanireja. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Usman. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wina,S. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi: Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 8(2), 1-. Doi https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.35747
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Aeni, Ryan Rayhana S, Asriati, Doctor, Hasriani G

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.