INTEGRASI (BAMBOOZLE: WEB-BASED GAME) DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP KARTIKA XX-2 MAKASSAR

Authors

  • Nur Aeni Universitas Negeri Makassar
  • Ryan Rayhana S Universitas Negeri Makassar
  • Asriati Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Tuti Wijayanti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Bamboozle: Web-based game

Abstract

Pelatihan penggunaan game Bamboozle berbasis web bagi guru dan siswa SMP Kartika XX-2 Makassar merupakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan siswa dalam menggunakan game edukasi online bernama Bamboozle. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode hands-on learning, dimana para peserta akan dilibatkan secara langsung dalam menggunakan Bamboozle sebagai media pembelajaran. Dalam pelatihan ini, para peserta akan diberikan pemahaman mengenai konsep dan manfaat dari game edukasi online Bamboozle, serta bagaimana cara menggunakannya sebagai media pembelajaran yang efektif.  Setelah mengikuti pelatihan ini, para guru dan siswa di SMP Kartika XX-2 Makassar diharapkan dapat menggunakan Bamboozle secara mandiri dan efektif dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

References

Aeni, N., Fitriani, F., & Fitri, N. (2019). The Use of Circle Games to improve the Mastery of English Vocabulary of the Indonesian Maritime Academy Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(3), 239-244

Hergenhahn, B. R. dan Olson, Matthew H. 2010. Theories of learning (teori belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: Mengembangkan profesionalisme abad 21. Bandung: Alfabeta.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Murray, J. Student led action for sustainability in higher education: A literature review. Int. J. Sustain. High. Educ. 2018, 19, 1095–1110. [CrossRef].

Punyasettro, Santhanat, and Pratchayapong Yasri. "A Game-Based Learning Activity to Promote Conceptual Understanding of Chordates' Phylogeny and Self-Efficacy to Learn Evolutionary Biology." European Journal of Educational Research 10.4 (2021): 1937-1951.

Reflianto, Setyosari, P., Kuswandi, D., & Widiati, U. 2021. Reading comprehension skills: The effect of online flipped classroom learning and student engagement during the COVID-19 pandemic. European Journal of Educational Research, 10(4), 1613-1624. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1613

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jambi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Hlm. 214 – 224.

Song, S., & Song, S. (2018). Second language acquisition theories. Second language acquisition as a mode-switching process: An empirical analysis of Korean learners of English, 9-36.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, James D. Russel. 2012. Instructional technology and media for learning. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Snelbecker, Glenn E. 1974. Learning Theory, Instructional Theory, and Psychoeducational Design. New York: McGrow Hill Book Company.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tukiran Tanireja. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Usman. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wina,S. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi: Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 8(2), 1-. Doi https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.35747

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Aeni, N., Rayhana S, R., Asriati, G, H., & Tuti Wijayanti. (2023). INTEGRASI (BAMBOOZLE: WEB-BASED GAME) DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMP KARTIKA XX-2 MAKASSAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(04), 957–964. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/175