PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN LITERASI BACA TULIS DAN LITERASI NUMERASI KELAS AWAL BERBASIS PENDIDIKAN INKLUSIF DAN DISIPLIN POSITIF BAGI MAHASISWA CALON GURU SD PADA STKIP BIAK
Keywords:
Literasi Baca Tulis, Numerasi, Pendidikan Inklusif, Disiplin PositifAbstract
Rendahnya kemampuan literasi baca tulis dan numerasi siswa kelas awal di Tanah Papua yang ditunjukkan dari hasil penelitian UNICEF tahun 2015 yang menyatakan 50% siswa kelas awal belum memiliki kemampuan membaca dan menulis yang baik merupakan acuan replikasinya mata kuliah literasi baca tulis dan Numerasi berbasis pendidikan inklusif dan disiplin positif ke dalam kurikulum pada Perguruan Tinggi yang ada program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dengan tujuan replikasi literasi ini dapat menyiapkan calon guru SD agar memiliki keterampilan pedagogi yang baik sehingga mampu menciptakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung, khususnya bagi siswa kelas awal, dan juga menyiapkan calon guru SD agar mampu memahami pendidikan inklusif yang mengamanatkan pendidikan bagi semua anak tanpa adanya diskriminasi, serta Disiplin Positif yang merupakan bentuk perlindungan anak dan penghapusan hukuman serta kekerasan di dalam sistem pendidikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode demonstrasi. Dimana sebelum diberi penguatan dan pelatihan dari 30 mahasiswa calon guru SD diberikan Preetest terlebih dahulu untuk melihat pemahaman mahasiswa mengenai literasi baca tulis dan Literasi Numerasi berbasis Pendidikan Inklusif dan Disiplin Posistif. Setelah Pelaksanaan Kegiatan Penguatan dan Pelatihan mahasiswa diberikan Posttest untuk melihat peningkatan pemahaman mengenai literasi setelah pelaksanaan penguatan dan pelatihan. Berdasarkan hasil posttest dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman mahasiswa meningkat 71.56 76 % dari hasil pretest sebelumnya 19.26 = 21% .Pendampingan dan Pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru SD dalam dalam memamahami literasi baca tulis dan literasi numerasi berbasis disipilin positif dan pendidikan inklusif.
References
Arona. Dkk. 2022. Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, e-ISSN 2598-2052 Vol. 05 Nomor 02. 2022.144-161.
Rusli,dkk.2023. Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Archive, Vol. 2, No. 2Juni 2023, pp. 219~225.
Nursalim, dkk. Pelatihan Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Kelas Awal Berbasis Pendidikan Inklusif Dan Disiplin Positif Bagi 7 Perguruan Tinggi Di Papua Dan Papua Barat. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat: Volume 6 No. 1 Januari 2023: 105-110 ISSN: 2621-8100
UNICEF EGL Baseline, 2015, held by PT Myriad
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elizabet Kafiar, August Lewaherilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.