PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA KIMAK

Authors

  • Adi Suputra Universitas Pertiba
  • Mohamad Makrus Universitas Pertiba
  • Nur Hidayati Universitas Pertiba
  • Andi Yusfany Universitas Pertiba
  • Wargianto Universitas Pertiba
  • Aditya Ahmad Fauzi STIE PERTIBA https://orcid.org/0000-0002-5800-8203

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Abon Ayam, Desa Kimak

Abstract

Pengabdian Masyarakat pada Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, yang diadakan oleh Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Pertiba Pangkalpinang melakukan kerjasama dengan pelaku UMKM Desa Kimak yang bergerak dalam bidang pengolahan daging ayam sebagai produk abon kering. Abon Ayam Ibu Kanti sudah lama berdiri di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kegiatan jual beli abon ayam di daerah Kabupaten Bangka. Abon Ayam Ibu Kanti termasuk yang paling pertama membuka usaha di bidang tersebut serta yang paling lama bertahan hingga saat ini. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan cenderung masih tradisional. Untuk itu perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu mitra juga diberikan bantan dalam membuat akun di media digital Google bisnis dan Facebook. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah akun Google bisnis dan Facebook, artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional, serta laporan kegiatan. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah dan pemberian tutorial membuatakun di media digital beserta cara mengelola media digital tersebut. Dari hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini, disarankan sebaiknya penggunaan strategi digital marketing dapat ditindaklanjuti dengan menambahkan teknok SEO (searh engine optimation) pembimbingan secara berkala sehingga bisa efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi: doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614-6711.

Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.

http://kimak.bangka.go.id/content/sejarah-desa-kimak

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Suputra, A., Makrus, M., Hidayati, N., Yusfany, A., Wargianto, & Ahmad Fauzi, A. (2023). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA KIMAK . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(04), 937–948. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/172