PELATIHAN KREATIVITAS DAN INOVASI DIGITAL PADA UMKM DI DESA KIMAK KABUPATEN BANGKA
Keywords:
Creativity, Digital Innovation, UMKMAbstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah menjadi kekuatan pilar dalam perekonomian Indonesia dan ASEAN. Pemerintah optimis bahwa para pelaku bisnis UMKM bisa menjadi pendorong utama dalam mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan bisnis di Indonesia. Di tengah situasi saat ini, kreativitas, inovasi serta pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam perdagangan elektronik menjadi keharusan bagi pengusaha mikro, kecil, dan menengah. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengubah para pelaku UMKM di sekitar Desa Kimak menjadi wirausaha kreatif dan berinovasi sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi dan bisnis berkelanjutan. Ini dilakukan dengan meningkatkan pemahaman mendalam tentang pemanfaatan teknologi informasi, terutama dalam perdagangan elektronik. Pendekatan pelatihan mencakup ceramah, praktik, interaksi tanya-jawab, dan studi kasus, yang membahas kreativitas, inovasi, konsep pemasaran digital, serta strategi yang efektif. Melalui pendampingan yang cermat dan umpan balik yang konstruktif, kegiatan ini memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta, membantu mengarahkan usaha mikro online mereka menuju potensi kerjasama yang luas, yang pada gilirannya memperkuat ekonomi rakyat.
References
Ambarita, I., Sihombing, A., Buaton, A. (2018). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DAN ALUMNI GUNA ERA. Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi ISSN: 2598-8565 (media cetak) Vol. 2 No. 2 (Oktober 2018) ISSN: 2620-4339 (media online) Halaman 109
Anugrah, A. A., & Wahyono, S. A. (2021). Communal Marketplace Berbasis Koperasi sebagai Salah Satu Terobosan Inovasi bagi Pelaku UMKM Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1, 21–33. https://doi.org/10.33479/sneb.v1i.114
Arrizal, N.Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. Retrieved from http://jurnal.madiunkab.go.id/index.php/bp%0APemberdayaan
Fatika, I., Suryowati, K., & Setyawan, Y. (2023). Peningkatan Pasar UMKM di Desa Purwosari Kabupaten Wonogiri Melalui Pelatihan Promosi pada Media Sosial dan Marketplace. Jurnal Jnanadarma, 1(1), 36–44.
Febriyantoro, M. T., &Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Fill, C., & Graham H. (2005). Marketing Communication. Elsevier. Butterworth Heinemann
Firdaus, R., Kel, S., Margiutomo, S. A. S., Kom, S., Dulame, I. M., SE, M., ... & Kom, M. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Efitra, S. Kom., M. Kom.
Firdaus, R., Rezeki, N. S., Suhardi, S., Akbar, J. S., Amin, M., & Nugroho, F. (2023). PELATIHAN ECOPRINT DAN MANAJEMEN USAHA UNTUK IBU PKK DI DESA JURUNG, DESA KIMAK KECAMATAN MERAWANG DAN DESA SEMPAN KECAMATAN PEMALI KABUPATEN BANGKA. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 788-795.
Kotler, P., & Gary A. (2008). Principles of Marketing, 12Edition, Pearson Prentice Hall.
Ma’rifah, I., Indah W, B. R., Imaniar Rizqi, E., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’Elixir. Jurnal Revenue, 2(2), 349–356. Retrieved from http://revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/78%0Ahttp://revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/download/78/65
Nurbayzura, W., Ahbab, T., Aqila, N. D. P., Sulistyowati, I., Khrisna, G. P., Dewanti, M. C., ... Aminah, S. (2022). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kelurahan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1347–1352.
Ramaditya, M., Effendi, S., Faruqi, F., Darmawan, A. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangunp-ISSN: 2715-5080 Vol. 2 | No. 1 (May 2020) JSCDJOURNAL OF SUSTAINABLE COMMUNITY DEVELOPMENT.
Saori, S., Nurmala, R., & Komariah, K. (2020). Tinjauan Literatur Keunggulan Kompetitif Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(2), 85–101. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/businesspreneur/article/view/3510/1464
Suhermin, Cahayaning Rarnadhani, Y., Budianto, & Anang Subardjo. (2022). Pelatihan Inovasi Marketplace Bagi UMKM. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1572-1577. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11448
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juhari, Siti Napisah, Ahmad Yani, Adrian Radiansyah, Panca Tuah Tuha, Roy Haris Oktabian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.