PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARI BARANG BEKAS DI SEKOLAH DASAR SWASTA METHODIST BERASTAGI
Keywords:
Media, Pembelajaran, Barang BekasAbstract
Keterbatasan sumber belajar sebagai literatur maupun media untuk pembelajaran IPS di sekolah merupakan salah satu kendala berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran. Keterbatasan ini terjadi karena adanya anggapan bahwa sumber belajar IPS mahal, khususnya media pembelajarannya atau alat peraganya. Keterbatasan media pembelajaran yang disebabkan mahal harga media tersebut tidak dapat dijadikan alasan dalam pelaksanaan pembelajaran tidak menggunakan media atau alat peraga. Alternatif yang bisa digunakan, misalnya dengan pemanfaatan barang bekas. Barang bekas di sekitar kita dapat dimanfaatkan menjadi sumber belajar, tetapi hal itu tergantung pada diri kita untuk mengembangkan menjadi media yang menarik. Melalui edukasi ini diharpkan guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran mampu menggunakan alat-alat yang disediakan di sekolah dan dapat mengembangkan bahan ajar dalam bentuk media yang menarik dan interaktif dari barang-barang bekas.
References
Arfah, M. 2017. Pemanfaatan Limbah Kertas Menjadi Kertas Daur Ulang Bernilai Tambah Oleh Mahasiswa. Buletin Utama Teknik, 13, 28-29.
Hasibuan Anwar Bey, 2000. Cara Belajar Yang Efektif. Medan.
Hamruni, 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Roestiyah, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiawan, 2013. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Unimed Press. Universitas Negeri Medan.
Sanjaya Wina, 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Johannes Keliat, Yosefo Gule, Reva Wenita Br Sitepu, Ella Pebriyanti Br Barus, Ester Juliani Br Ginting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.