PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BAGI KELOMPOK GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Taufik Rihatno Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Nuraini Universitas Negeri Jakarta
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta
  • Desy Safitri Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta
  • Nurzengky Ibrahim Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Pembelajaran Proyek , Kreativitas Belajar, Guru

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata dan aplikatif bagi siswa. Mereka diberikan proyek-proyek yang terkait dengan kehidupan sehari-hari atau dunia kerja yang sebenarnya. Hal ini mengaitkan pembelajaran dengan konteks nyata dan membantu siswa memahami hubungan antara konsep-konsep akademik dengan dunia sekitar mereka, sehingga pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan. Melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep dalam berbagai bidang pembelajaran dengan menerapkan konsep-konsep tersebut secara praktis dalam konteks proyek yang mereka kerjakan, sehingga memperkuat pemahaman mereka. Guru dapat menjadi fasilitator yang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek yang menggerakkan kreativitas siswa, sehingga siswa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta kemampuan kolaboratif dan pemecahan masalah. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, maka diperlukanlah suatu pemberdayaan bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk melakukan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa. Hasil kegiatan menunjukan peserta mengalami peningkatan pengetahun dalam mengembangkan keterampilan pembelajaran berbasis proyek. 

 

References

Adeel, S., Daniel, A., D., & Botelho, A. (2023). The effect of entrepreneurship education on the determinants of entrepreneurial behavior among higher education students: A multigroup analysis

Alorda, K. Suenaga, P. Pons. (2011) Design and evaluation of a microprocessor course combining three cooperative methods: SDLA, PBL, and CnBL Computers & Education, 57 (3) , pp. 1876-1884.

Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Tautiva, J., A., D. (2021). Entrepreneurial Intention: Creativity, Entrepreneurship, and University Support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(11), 1-13

Casner-Lotto, L. Barrington. Are they really ready to work? Employers’ perspectives on the basic knowledge and applied skills of new entrants to the 21st-century U.S. Workforce Partnership for 21st-Century Skills.

Fassbender, U., Papenbrock, J., & Pilz, M. (2022). Teaching entrepreneurship to life-science students through Problem-Based Learning. The International Journal of Management Education, 20(3), 100685

Kummitha, H. R., & Kummitha, R. K. R. (2021). The International Journal of Management Education, 19, 1-9

Lopes, J., M., Suchek, N., & Gomes, S. (2023). The antecedents of sustainability-oriented entrepreneurial intentions: An exploratory study of Angolan higher education students. Journal of Cleaner Production, 136236.

Lubis, R. R., Habib, M., Sadri, M., Rambe, N., Mariana, W., Rambe, T. R., ... & Haryati, H. (2022). Pelatihan model pembelajaran project based learning pada guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2176-2187.

Motta, V., F., Galina, S., V., R. (2023). Experiential learning in entrepreneurship education: A systematic literature review. Teaching and Teacher Education, 121, 103919.

Nguyen, Q., D. & Nguyen, H., T. (2023). Entrepreneurship education and entrepreneurial intention: The mediating role of entrepreneurial capacity. The International Journal of Management Education, 21(1)

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan assembler edu untuk meningkatkan keterampilan guru merancang project-based learning sesuai kurikulum merdeka belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 77-80.

Salo, S., J., Peltonen, K., Hämäläinen, M. (2023). The importance of HEI managerial practices in teachers’ competence in implementing entrepreneurship education: Evidence from Finland. The International Journal of Management Education

Vogler, P. Thompson, D.W. Davis, B.E. Mayfield, P.M. Finley, D. Yasseri. (2018) The hard work of soft skills: Augmenting the project-based learning experience with interdisciplinary teamwork Instructional Science, 46 (3) (2018), pp. 457-488,

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Taufik Rihatno, Sri Nuraini, Arita Marini, Desy Safitri, Sujarwo, & Nurzengky Ibrahim. (2023). PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BAGI KELOMPOK GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(04), 894–901. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/164