PENDAMPINGAN DALAM PEMUTAKHIRAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN
Keywords:
Pelatihan, Pembelajaran, VideoAbstract
Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah terkait peningkatan kreativitas guru dalam hal media pembelajaran yang up to date, khususnya terkait dengan pembuatan video pembelajaran. Video yang menarik dan mudah ditangkap oleh siswa bukan sekedar video hasil rekaman, tetapi video dengan konten kekinian dengan isi yang padat tetapi waktu yang singkat. Dengan demikian dibutuhkan proses editing sedemikian rupa sehingga video yang dibuat mampu menampilkan seluruh aktivitas dengan durasi yang paling singkat. Kegiatan pendampingan yang dilakukan berupa pelatihan bagi guru mulai dari cara sudut pengambilan video, menyisipkan narasi atau tulisan dalam video, hingga editing. Hasil akhir video yang telah diperoleh akhirnya dilanjutkan dengan pengaturan durasi waktu penayangan. Setelah pelatihan selesai kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas dalam membuat video singkat secara sederhana hingga mampu menayangkannya melalui handphone maupun LCD.
References
Haeruman, Herman JS., Eriyatno. 2015. Kemitraan dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Penerbit Yayasan Mitra Pembangunan Desa-Kota dan Business Inovation Centre Indonesia. Jakarta.
Ife, James William. 2015. Community Development, Creating Community Alternatives (Vision, Analysis and Practice). Longman. Australia.
Sulistyohadi, Timbul. 2014. Beberapa Isu penting dalam Program Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya manusia. Usahawan. No 05 Th. XXXI Mei 2014
Wheelen and Hunger. 2016. Strategic management and Business Policy. Addison- Wesley Publishing Company. USA.
Wijaya, Krisna. 2012. Analisis Pemberdayaan Usaha Kecil (Kumpulan Pemikiran).
Pustaka Wirausaha Muda. Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karnowahadi, Eva Purnamasari, Bagus Yunianto W, Fatchun Hasyim, Suryadi Poerbo, Budi Prasetya, Achmad Zaenuddin, Subandi, Noor Suroija

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.