PEMBERDAYAAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK
Keywords:
Kompetensi Guru, Kreativitas Siswa, KewirausahaanAbstract
Pendidikan yang berkualitas di tingkat dasar memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan dan mentalitas wirausaha siswa. Dalam era globalisasi dan tuntutan pasar yang semakin kompleks, penting bagi siswa untuk memiliki kreativitas kewirausahaan yang kuat agar dapat menghadapi tantangan masa depan. Namun, pencapaian kreativitas kewirausahaan yang optimal tidak dapat terwujud tanpa pemberdayaan guru sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran. pemberdayaan guru sekolah dasar untuk meningkatkan kreativitas kewirausahaan siswa bertujuan untuk mengubah paradigma pembelajaran menjadi lebih relevan dengan dunia nyata, mempersiapkan siswa untuk tantangan masa depan, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan yang penting dalam menciptakan peluang, inovasi, dan keberhasilan dalam dunia wirausaha. Dalam rangka meningkatkan kreativitas kewirausahaan siswa, maka diperlukanlah suatu pemberdayaan bagi guru-guru SD terkait ketrampilan mengajarnya. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada kepada kelompok guru Sekolah Dasar di Jakarta. Hasil kegiatan menunjukan terdapat peningkatan pengetahuan guru mengenai keterampilan mengajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas kewirausahaan peserta didik.
References
Adeel, S., Daniel, A., D., & Botelho, A. (2023). The effect of entrepreneurship education on the determinants of entrepreneurial behaviour among higher education students: A multigroup analysis
Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Tautiva, J., A., D. (2021). Entrepreneurial Intention: Creativity, Entrepreneurship, and University Support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(11), 1-13
Fassbender, U., Papenbrock, J., & Pilz, M. (2022). Teaching entrepreneurship to life-science students through Problem Based Learning. The International Journal of Management Education, 20(3), 100685
Lopes, J., M., Suchek, N., & Gomes, S. (2023). The antecedents of sustainability-oriented entrepreneurial intentions: An exploratory study of Angolan higher education students. Journal of Cleaner Production, 136236.
Kummitha, H. R., & Kummitha, R. K. R. (2021). The International Journal of Management Education, 19, 1-9
Motta, V., F., Galina, S., V., R. (2023). Experiential learning in entrepreneurship education: A systematic literature review. Teaching and Teacher Education, 121, 103919.
Nguyen, Q., D. & Nguyen, H., T. (2023). Entrepreneurship education and entrepreneurial intention: The mediating role of entrepreneurial capacity. The International Journal of Management Education, 21(1)
Salo, S., J., Peltonen, K., Hämäläinen, M. (2023). The importance of HEI managerial practices in teachers’ competence in implementing entrepreneurship education: Evidence from Finland. The International Journal of Management Education
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sujarwo, Adi Putra, Sri Nuraini, Desy Safitri, Sujarwo, Nurzengky Ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.