PEMBERDAYAAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Nuraini Universitas Negeri Jakarta
  • Desy Safitri Universitas Negeri Jakarta
  • Sujarwo Universitas Negeri Jakarta
  • Nurzengky Ibrahim Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kompetensi Guru, Kreativitas Siswa, Kewirausahaan

Abstract

Pendidikan yang berkualitas di tingkat dasar memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan dan mentalitas wirausaha siswa. Dalam era globalisasi dan tuntutan pasar yang semakin kompleks, penting bagi siswa untuk memiliki kreativitas kewirausahaan yang kuat agar dapat menghadapi tantangan masa depan. Namun, pencapaian kreativitas kewirausahaan yang optimal tidak dapat terwujud tanpa pemberdayaan guru sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran. pemberdayaan guru sekolah dasar untuk meningkatkan kreativitas kewirausahaan siswa bertujuan untuk mengubah paradigma pembelajaran menjadi lebih relevan dengan dunia nyata, mempersiapkan siswa untuk tantangan masa depan, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan yang penting dalam menciptakan peluang, inovasi, dan keberhasilan dalam dunia wirausaha. Dalam rangka meningkatkan kreativitas kewirausahaan siswa, maka diperlukanlah suatu pemberdayaan bagi guru-guru SD terkait ketrampilan mengajarnya. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada kepada kelompok guru Sekolah Dasar di Jakarta. Hasil kegiatan menunjukan terdapat peningkatan pengetahuan guru mengenai keterampilan mengajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas kewirausahaan peserta didik.

References

Adeel, S., Daniel, A., D., & Botelho, A. (2023). The effect of entrepreneurship education on the determinants of entrepreneurial behaviour among higher education students: A multigroup analysis

Anjum, T., Farrukh, M., Heidler, P., & Tautiva, J., A., D. (2021). Entrepreneurial Intention: Creativity, Entrepreneurship, and University Support. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(11), 1-13

Fassbender, U., Papenbrock, J., & Pilz, M. (2022). Teaching entrepreneurship to life-science students through Problem Based Learning. The International Journal of Management Education, 20(3), 100685

Lopes, J., M., Suchek, N., & Gomes, S. (2023). The antecedents of sustainability-oriented entrepreneurial intentions: An exploratory study of Angolan higher education students. Journal of Cleaner Production, 136236.

Kummitha, H. R., & Kummitha, R. K. R. (2021). The International Journal of Management Education, 19, 1-9

Motta, V., F., Galina, S., V., R. (2023). Experiential learning in entrepreneurship education: A systematic literature review. Teaching and Teacher Education, 121, 103919.

Nguyen, Q., D. & Nguyen, H., T. (2023). Entrepreneurship education and entrepreneurial intention: The mediating role of entrepreneurial capacity. The International Journal of Management Education, 21(1)

Salo, S., J., Peltonen, K., Hämäläinen, M. (2023). The importance of HEI managerial practices in teachers’ competence in implementing entrepreneurship education: Evidence from Finland. The International Journal of Management Education

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Arita Marini, Adi Putra, Sri Nuraini, Desy Safitri, Sujarwo, & Nurzengky Ibrahim. (2023). PEMBERDAYAAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(04), 887–893. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/161