PKM PELATIHAN INTEGRASI HOTS DALAM PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA GURU BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP DI KABUPATEN MAJENE

Authors

  • Kembong Daeng Universitas Negeri Makassar
  • sakinah fitri Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Modul ajar, HOTS, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir HOTS guru karena masih banyak bias tantangan bagi guru, utamanya bagi para guru mata pelajaran Bahasa Indonesia terkait Kurikulum Merdeka. Metode yang diterapkan adalah sebagai berikut: (1) penyuluhan, teknik yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah ceramah, tanya jawab, dan mendiskusikan materi pelatihan penyusunan modul, (2) pelatihan, teknik yang digunakan dalam pelatihan adalah mengamati model, membimbing, dan mendampingi guru pada saat berlatih menyusun modul bahasa Indonesia sesuai dengan tugas yang dibebankan, (3) demonstrasi, teknik yang digunakan dalam demonstrasi adalah presentasi, simulasi, dan merefleksi kegiatan pelatihan. Hasil dari kegiatan yaitu meningkatnya profesionalitas guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan pemahaman terhadap sistem Kurikulum Merdeka Belajar semakin matang dapat tercermin melalui tercapainya kegiatan penyuluhan dan pendampingan penyusunan modul ajar.

References

Jenkins, G. (2020). Teacher Agency: The Effects of Active And Passive Responses to Curriculum Change. Australian Educational Researcher, 47(1).

Kandiko Howson, C., & Kingsbury, M. (2021). Curriculum Change As Transformational Learning. Teaching in Higher Education.

Kemendikbudristek, “Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera pada Hari Guru Nasional Tahun 2019”,dikutip dari. https://www. kemdikbud.go.id/ main/blog/2019/11/pidato-mendikbud- pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2019. Diakses Tanggal 10 Maret 2022

Kemdikbudristek. (2022). Survey Kebutuhan Guru dan Jumlah Data Guru Pensiun 2023-2024. Data survey guru dalam PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan 2022. Diakses Tanggal 14 Oktober 2022.

Nissa, Ita Chairun. (2022). Edukasi Integrasi HOTS dalam Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Guru SD Program PPG. Indonesian Journal Of Community Service Volume 2 No 3 September 2022, E-ISSN: 2775-2666.

Marisa, Mira. (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” in The Era of Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora. https://ejournal.unibabwi.ac.id /index.php/santhet

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Melalui

Pendidikan Formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/ varidika.v30i1.6537.

Tempo. CO, Jakarta, “Nadiem Makarim: Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir”, dikutip dari, https://nasional.tempo.co/read/1283493/nadiem-makarim-merdeka-belajar- adalah-kemerdekaan-berpikir/full&view=ok. Diakses Tanggal 23 Maret 2022

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Daeng, K., & fitri, sakinah. (2023). PKM PELATIHAN INTEGRASI HOTS DALAM PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA GURU BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP DI KABUPATEN MAJENE . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45–54. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/16