PKM MEMBENTUK KARAKTER DI SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEPRAMUKAAN UNUTK GENERASI UNGGUL

Authors

  • Faidah Yusuf Universitas Negeri Makassar
  • Andi Dewi Riang Tati Universitas Negeri Makassar
  • Nurhaedah Universitas Negeri Makassar
  • Amir Pada Universitas Negeri Makassar
  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Rahmi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembentukan Karakter, Gerakan Pramuka, Ekstrakurikuler

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepramukaan untuk siswa dalam membentuk karakter berkarakter di sekolah dasar. Gerakan Pramuka di Sekolah Dasar merupakan kegiatan ektrakurikuler yang dirancang untuk pendidikan karakter siswa di sekolahan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini siswa diajak untuk menjadi manusia yang berwatak, berkepribadian Indonesia dan beraklak mulia. Pembentukan karakter didapatkan melalui pendidikan kepramukaan dan terbentuk disetiap kegiatan kepramukaan. Lewat kegiatan kepramukaan siswa mendapatkan prinsip dasar kepramukaan yang berisi nilai dan norma dalam kehidupan anggota Gerakan Pramuka yang mencakup: (1) Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya, (3) Peduli terhadap diri pribadinya, dan (4) Taat kepada kode etik kehormatan. Oleh sebab itu, mengajarkan dan mengembangkan karakter siswa melalui kegiatan pramuka sangatlah penting sebagai norma hidup. Prinsip dasar kepramukaan ditanamkan dan ditumbuh kembangkan secara terus menerus kepada setiap peserta didik melalui proses penghayatan untuk dan oleh diri pribadinya dengan bantuan para tenaga pendidik.

References

Amreta, M. Y., & Pd, M. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).

Ariani, D. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan, 9(1), 65–74.

Asrivi, Q. E. S. (2020). Implementasi Pramuka Sebagai Ekstrakulikuler Wajib Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(2).

Aziz, T., Supriyanto, J. H. A., & Nurabadi, A. (2020). Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 11–18. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Damanik, S. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnala Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21.

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898

Lutfiasin, L. (2021). Sejarah Pembentukan Gerakan Pramuka Dan Pengaruhnya Dalam Dunia Pendidikan Islam. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 37–52. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i1.19

Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (2020). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122.

Muhaemin, & Ihwah, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Religius pada Anggota Pramuka. Al-Iltizam, 4(1), 111–120.

Nur Fitriani, R. (2022). Peran Pramuka dalam Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air di MIS Al-Istiqomah Cibingbin. Jurnal Impresi Indonesia, 1(1), 36–50. https://doi.org/10.36418/jii.v1i1.5

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Pratiwi, S. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Putra, H., & Al Zuhri. (2022). Implementasi Teknik Komunikasi Pembina Pramuka Terhadap Siswa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 13(1), 39–51. https://doi.org/10.32505/hikmah.v13i1.3773

Wayan, I., Dharmayana, B., Bagus, I., & Arta Wiguna, A. (2021). Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak Usia 11-15 Tahun. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 56–70. https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/PS

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Yusuf, F., Andi Dewi Riang Tati, Nurhaedah, Amir Pada, Nur Abidah Idrus, & Sitti Rahmi. (2023). PKM MEMBENTUK KARAKTER DI SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEPRAMUKAAN UNUTK GENERASI UNGGUL. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(04), 855–864. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/155