SOSIALISASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: UPAYA PENGUATAN KARAKTER PANCASILA SISWA
Keywords:
Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, GuruAbstract
Pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk membantu manusia agar dapat menerapkan nilai-nilai dan kepedulian terutama dalam etika. Profil pelajar Pancasila merupakan salah satu tujuan dari pemerintah dalam melatih siswa agar mempunyai nilai-nilai dalam etika dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan profil pelajar Pancasila tidak lepas dari nilai-nilai dalam pendidikan karakter siswa yang ditanamkan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa dan menanamkan konsep karakter profil pelajar Pancasila kepada siswa. Metode yang dilakukan dalam pengabdian berupa ceramah dan praktik penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam profil pelajar Pancasila kedalam pembelajaran dikelas. Dalam pelaksanaannya, metode dibagi memnjadi tiga tahapan yang terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dari kegiatan pengabdian ini, siswa merasa antusias dalam mengikuti pembelajaran yang didalamnya disertakan dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dan guru mempunyai gambaran dalam penanaman nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran. Faktor pendukung dalam kegiatan ini adalah sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah sudah memadai, hampir semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, dan guru terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan. Faktor penghambatnya yaitu masih terdapat siswa yang kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan kurangnya pemahaman guru dalam penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran.
References
Hamzah, M.R., Mujiwati, Y., Khamdi, I.M., Usman, M.I., &Abidin, M.Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559.
Irawati, D., Iqbal, A.M., Hasanah, A., & Arifin, B.S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Jamaludin, dkk. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 698-709.
Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y.A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Prosiding SENASSDRA: Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, dan Humaniora, Vol.1, 287-293.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170-5175.
Lubaba, M.N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi, 9(3), 687-706.
Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 6(5), 7840-7849.
Oktiningrum, W., & Zuhroh, L. (2023). Upaya Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Permainan Tradisional Bagi Siswa SD Negeri 1 Dilem Kepanjen. EDUABDIMAS: Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 29-36.
Sulastri, Syahril, Adi, N., & Ermita. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru di Sekolah Dasar. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 413-420.
Sulistiawati, A., dkk. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. UAD: Jurnal Fundadiknas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208.
Warsono. (2022). Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Proceedings CES: Membangun Karakter dan Budaya Literasi dalam Pembelajaran Tatap Muka SD, 1(1), 631-640.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lana Sugiarti, Emilianus Jehadus, Maximus Tamur, Fransiskus Nendi, Alberta Parinters Makur, Kanisius Mandur, Ricardus Jundu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.