PELATIHAN PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA RAGAM ILMIAH BAGI GURU SMPN DAN MTSN DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK
Keywords:
Bahasa Indonesia, Ragam Ilmiah, Artikel IlmiahAbstract
Banyak guru yang belum dapat menulis artikel ilmiah dengan baik. Selain itu masih banyak guru yang awam terhadap publikasi ilmiah di jurnal-jurnal nasional. Kendala dalam menulis artikel ilmiah, salah satunya tidak mampunya menguasai bahasa Indonesia ragam ilmiah. Tujuan PkM ini yaitu mengenalkan dan melatihkan bahasa Indonesia ragam ilmiah. Mitra yang dipilih guru-guru SMP dan MTSN di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Trenggalek. PkM dilaksanakan secara daring melalui platform zoom. Metode pelaksanaan pelatihan dengan presentasi, pemodelan dan simulasi disertai tugas. Dari hasil diskusi dengan peserta dapat diketahui bahwa kesulitan utama peserta adalah kurangnya membaca artikel ilmiah. Berdasarkan hal tersebut, tim PkM menyebar angket tentang kebiasaan membaca para guru. Guru yang menjawab tidak pernah membaca sebesar 62%, guru yang menjawab pernah membaca sebesar 16%, dan guru yang menjawab sering membaca artikel ilmiah sebesar 22%. Sedangkan dari hasil review dan penilaian artikel ilmiah dari para peserta dapat dikatakan sangat baik. Artikel ilmiah yang menggunakan bahasa Indonesia ragam ilmiah sebesar 87%. Penunjang dari hasil yang baik tersebut dari aktifnya peserta bertanya dan peran tutor yang maksimal. Sisanya, yaitu 13% artikel ilmiah masih membutuhkan perbaikan.
References
Ghufron, Syamsul. 2014. Artikel Ilmiah: Anatomi, Bahasa, dan Kesalahannya. Edu-Kata: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Halaman 2, Volume 1, Nomor 1, Februari 2014.
Gunawan, Imam dkk. 2018. Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Halaman 128, Volume 1, Nomor 2, Desember 2018.
Jamilah. 2017. Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmu Kependidikan). Halaman 43, Volume 6, Nomor 2, Juli – Desember 2017.
Kristiawan, Muhammad dan Nur Rahmat. 2018. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan. Halaman 375, Volume 3, Issue 2, Desember 2018.
Usman, Husaini. 2012. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahayu Pujiastuti, Taufik Nurhadi, Indayani, Pana Pramulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.