MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PUBLIK SPEAKING UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI MD BUSTANUL WILDAN DESA CIBITUNG
Keywords:
Publik Speaking, Percaya Diri, PengembanganAbstract
Keterampilan public speaking dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam proses pengembangan diri. Namun, bnyak anak merasa kurang bahkan tidak mampu berbicara didepan umum karena kurang percaya diri, tidak menguasai materi atau pun tidak paham cara melakukannya. Keterampilan public speaking pada anak harus dibina, dilatih dan dikembangkan secara terus menerus. Kondisi tersebut menjadi dasar dilaksanakannya program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diikuti kurang lebih 28 siswa yang tergabung di MD Bustanul Wildan desa Cibitung. Program PKM dikemas dalam bentuk pelatihan dengan tujuan membangun kepercayaan diri berbicara di depan umum, memahami materi yang akan disampaikan, serta mampu mengaplikasikan teknik public speaking. Pelatihan dilakukan selama empat kali pertemuan dalam waktu satu bulan dan 1 minggu untuk mempersiapkan diri mengikuti perlombaan. Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi dasar dan teknik public speaking serta praktik langsung. Pelaksaan dimulai dari tahap observasi awal, orientasi,pengenalan materi, praktek, evaluasi dan di pertemuan terakhir diadakan banding dengan SD sekitar. Hasil dari pelatihan cukup baik, terbukti pada tiap pertemuan yang selalu membawa kemajuan mulai dari pembawaan materi dengan baik, serta dapat mengaplikasikan tekni-teknik public speaking.
References
Mustamu H. R (2012). Menjadi Pembicara Public Handal: Fenomena Public Speaker Antara Kebutuhan Dan Trend. Jurnal Komunikasi Islam. Volume 02 No 02 Desember 2012
Warren, Jami Leigh, (2011). The Relationship Between Service Learning And Public Speaking Self-Efficacy: To Ward Engaging Today’s Undergraduates. Theses And
Indayani, I. (2013). Peranan Pembimbing Kegiatan Public Speaking Dan Kepercayaan Diri Siswi Di Pesantren Darul Hikmah Medan. 27037, 1–10.
Setyonegoro, A. (2013).
Hakikat , Alasan , Dan Tujuan Berbicara ( Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa ). 3(1), 67–80.
Al Aqsari, Yusuf. 2005. Kunci Sukses Membangun Percaya Diri. Jakarta : Cendekia.
Ameri. 2010. Strategi Bangun Percaya Diri Anak. Http://Ayahbunda.Com.
Andrew, M. 2007. Mengembangkan Kepribadian Dengan Berpikir Positif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Elly Dan Pranama, J. 2006. General Public Speaking. Jakarta: Public Speaking School.
Eni Saeni And Others, ‘Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada
Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 2.1 (2022), 8–15.
Menik Tetha Agustina, ‘Talkshow Public Speaking Di Smk Tarcisius Pangudi Luhur Semarang’,
Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1.06 November (2022), 246–50.
Rasta Kurniawati Br Pinem, Mavianti Mavianti, And Rizka Harfiani, ‘Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara’, In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2019, I, 187–93.
Roswita Oktavianti And Farid Rusdi, ‘Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif’, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2.1 (2019).
Atmarizon, D., & M. Zaim. (2016) The Implementation Of Scientific Approach In Teaching English At The Tenth Grade Of Senior High School 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, Xvii (1), 1-18. Doi: 10.24036/Komposisi.V17i1.8113
.Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, And Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.
Agustina, M. T. (2022). Talkshow Public Speaking Di Smk Tarcisius Pangudi Luhur Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1(06 November), 246–250.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.
Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking Untuk Membangun Kepercayaan Diri Dan Keterampilan Berbicara Pada Anak-Anak Di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(01), 27–32.
Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).
Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 187–193.
Priyadi, U. (2013). Membangun Kepercayaan Diri Anak Melalui Pelatihanpublic Speaking Guna Persiapkan Generasi Berkarakter. Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship (Ajie), 2(02), 88–93.
Putra As, A. U. (2017). Konsep Mendidik Anak Dengan Cinta Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Analisis Kritis Terhadap Pemikiran Irawati Istadi). Uin Raden Fatah Palembang.
Saeni, E., Cindrakasih, R. R. R., Muhariani, W., Herman, H., Anggito, P. L., & Safira, D. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 2(1), 8–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veranica Safitri, Beta Ria Winani, Iik Taopik Hasan, Siti Umi Hani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.