IMPLEMENTASI PELATIHAN LITERASI DAN ETIKA DIGITAL UNTUK MENDORONG PEMANFAATAN TEKNOLOGI SECARA BIJAK DI ERA SOCIETY 5.0
Keywords:
literasi digital, etika digital, pelatihan masyarakat, keamanan data, Society 5.0Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan literasi dan etika digital bagi masyarakat agar mampu menggunakan teknologi secara bertanggung jawab pada era Society 5.0. Program pelatihan dirancang untuk membantu peserta memahami risiko, peluang, serta tata cara mengelola aktivitas digital secara aman. Pelatihan dilakukan melalui asesmen awal, workshop interaktif, praktik simulatif, dan pendampingan lanjutan. Hasil awal menunjukkan bahwa sebagian peserta belum memahami keamanan akun digital, pengelolaan privasi, serta cara mengidentifikasi informasi kredibel. Kondisi tersebut dipetakan melalui pre-test yang menjadi acuan dalam pemberian materi pelatihan. Selama kegiatan berlangsung peserta mengikuti sesi pemaparan konsep literasi digital, praktik mengatur keamanan akun, serta menganalisis keaslian informasi sebelum membagikan kembali kepada orang lain. Hasil post-test memperlihatkan peningkatan pengetahuan peserta terutama dalam mengenali fitur keamanan digital, menghindari penyebaran informasi meragukan, serta menyusun unggahan berbasis etika bahasa. Pendampingan pascapelatihan membantu peserta menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam aktivitas digital harian. Program ini menggambarkan adanya perubahan perilaku digital peserta dari sekadar sebagai pengguna teknologi menjadi individu yang lebih selektif, reflektif, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi di ruang digital. Pelatihan memberikan manfaat dalam penguatan literasi digital melalui pembelajaran terstruktur serta pengalaman praktik langsung sehingga peserta mampu memanfaatkan teknologi secara aman dan etis.
References
Al Ghiffari, R., Mulyawan, A., & Yunas, I. (2024). Penguatan kesadaran etika bermedia pada kelompok masyarakat melalui dialog reflektif. Jurnal Pengabdian Teknologi dan Humaniora, 6(2), 55–67.
Gomez-Galán, J. (2018). Media Education as Theoretical and Practical Paradigm for Digital Literacy: An Interdisciplinary Analysis. arXiv. https://doi.org/10.31234/osf.io/xyz
Prayogi, A. A., & Mohuyula, H. (2025). Model pelatihan literasi digital berbasis praktik untuk komunitas pemula. Jurnal Pengabdian UMGO, 4(1), 12–23.
Salindri, L., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Pembelajaran Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital pada Era Society 5.0. Indonesian Journal of Education and Learning, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.1250
Sugiarto, & Farid, A. (2024). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Wijana, D. (2024). Analisis kebutuhan berbasis komunitas dalam program penguatan literasi digital. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengabdian, 5(3), 88–97.
Windarto. (2024). Literasi Digital dalam Etika Bermedia Sosial yang Berbudi Luhur bagi Warga Krendang, Tambora, Jakarta Barat. Sebatik, 27(1). https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2266
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Realizar Adillah KR, Imam Suyitno, Firman Umar, Mustari Mustari, Hasnawi Haris, Masni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















