MENINGKATKAN PEMAHAMAN POSITIF ANAK TERHADAP OLAHRAGA MELALUI AKTIVITAS BERBASIS PHYSICAL LITERACY
Keywords:
physical literacy, pendidikan jasmani, sekolah dasar, perilaku sedentari, aktivitas fisikAbstract
Rendahnya aktivitas fisik dan dominasi perilaku sedentari pada siswa sekolah dasar menjadi permasalahan serius yang diperparah oleh minimnya pemahaman guru Pendidikan Jasmani mengenai konsep physical literacy. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru dan siswa di SD Inpres Rappokalling 2 Makassar melalui sosialisasi dan pendampingan aktivitas berbasis physical literacy. Kegiatan dilaksanakan melalui metode ceramah untuk penguatan konsep guru dan demonstrasi permainan modifikasi (game-based learning) yang melibatkan siswa secara langsung. Intervensi ini berhasil mengubah paradigma guru dari pendekatan teknis (drills) menjadi pendekatan holistik. Penerapan permainan yang mengintegrasikan aspek fisik, kognitif, sosial, dan psikologis terbukti meningkatkan antusiasme dan kepercayaan diri siswa secara signifikan. Pendekatan physical literacy disimpulkan efektif menjadi solusi strategis dalam membangun budaya gerak aktif dan menanggulangi gaya hidup sedentari di lingkungan sekolah dasar.
References
Houser, N., & Kriellaars, D. (2023). “Where was this when I was in Physical Education?” Physical literacy enriched pedagogy in a quality physical education context. Frontiers in Sports and Active Living, 5, 1185680.
Lundvall, S. (2015). Physical literacy in the field of physical education–A challenge and a possibility. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 113-118.
Mandigo, J., Francis, N., Lodewyk, K., & Lopez, R. (2009). Physical literacy for educators. Physical and Health Education Journal, 75(3), 27-30.
Martin, R., & Murtagh, E. M. (2015). Preliminary findings of Active Classrooms: An intervention to increase physical activity levels of primary school children during class time. Teaching and Teacher Education, 52, 113-127.
Passmore, E., Donato‐Hunt, C., Maher, L., Havrlant, R., Hennessey, K., Milat, A., & Farrell, L. (2017). Evaluation of a pilot school‐based physical activity challenge for primary students. Health Promotion Journal of Australia, 28(2), 103-109.
Sun, H. (2013). Impact of exergames on physical activity and motivation in elementary school students: A follow-up study. Journal of Sport and Health Science, 2(3), 138-145.
Whitehead, M. (1993). Physical literacy. In International Association of Physical Education and Sport for Girls and Women Congress. Melbourne.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hikmad Hakim, Muhammad Zulfikar, Alimin Hamzah, Abdul Rahman, Ihsan Abbas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















