PENGUATAN KOMPETENSI CALON PENGAJAR BIPA MELALUI PROGRAM INTERNSHIP MAHASISWA PBSI UNM PADA LEMBAGA BIPA
Keywords:
BIPA, internship, community engagement, BIPA instructor training, Indonesian language internationalizationAbstract
Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan salah satu stratefi penting dalam mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia. Upaya tersebut membutuhkan pengajar BIPA yang kompeten dan terlatih sehingga diperlukan penguatan kapasitas bagi calon pengajar, khususnya mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) JBSI FBS UNM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pengajar BIPA, memberikan pengalaman langsung mengajar penutur asing, dan menghasilkan bahan ajar, tugas, serta konten edukatif bagi kebutuhan mitra. Pengabdian dilakukan melalui program internship pada tiga lembaha BIPA, yaitu UPT Bahasa UNJ, UPI, dan UM, dengan melibatkan 24 mahasiswa PBSI JBSI UNM dalam rentang waktu empat bulan. Metode pelaksanaan meliputi persiapan, pelaksanaan (seat-in, tutor sebaya, pembuatan bahan ajar, pembuatan konten), serta evaluasi oleh instruktur dan mentor lembaga mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat aktif sebagai asisten instruktur, tutor, dan pendamping kelas pada program reguler, darmasiswa, dan pascasarjana. Mahasiswa juga menghasilkan bahan ajar BIPA level A-1 dan A-2, media audio-visual, artikel ke-BIPA-an, serta video publikasi program. Pelajar BIPA merasakan manfaat pendampingan berupa peningkatan kelancaran berbicara dan pemahaman materi. Kegiatan ini memberikan kontribusi signifikan bagi mitra dalam pemenugan kebutuhan tenaga pendamping dan pengayaan sumber belajar, sekaligus meningkatkan kesiapan mahasiswa sebagai calon pengajar BIPA. Program internship terbukti efektif sebagai strategi penguatan kompetensi dan mendukung upaya internasionalisasi bahasa Indonesia melalui kolaborasi perguruan tinggi dan lembaga BIPA
References
Adji, M. (2018). Budaya dalam Pengajaran Bipa: Respons Orang Asing terhadap Budaya Sunda dalam Hubungan Lintas Budaya. Metahumaniora, 8(2), 281–288. https://doi.org/10.24198/METAHUMANIORA.V8I2.20703
Aryawan, F. N., Sonhadji, A., Kusmintardjo, K., Ulfatin, N., & Pamungkas, A. H. (2017). INTERPOLICY DYNAMICS BETWEEN NONFORMAL EDUCATION POLICY AND LANGUAGE POLICY OF INTERNATIONALISATION THROUGH ILFS TEACHING IN INDONESIA. European Journal of Education Studies, 0(0). https://doi.org/10.46827/EJES.V0I0.996
Bahan, P., Berbasis, A., Lokal, K., Anastasya, A., Adilia, A. A., Pratiwi, A. C., Rara, R., Marindrasputri, D., & Wibowo, K. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal “Istana Maimun” untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.31000/LGRM.V14I1.13015
Bilan, M. (2024). CROSS-CULTURAL TEACHERS’ TRAINING TO WORK WITH MIGRANT STUDENTS. Věda a Perspektivy, 5(5(36)), 2024–2695. https://doi.org/10.52058/2695-1592-2024-5(36)-168-177
Cahyati, E., Miranda, D., & Hanivia Cindy, A. (2024). Manajemen Efektif Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Menciptakan Pembelajaran yang Berkualitas. TSAQOFAH, 4(3), 1510–1521. https://doi.org/10.58578/TSAQOFAH.V4I3.2891
Çiftçi, E. Y., & Savaş, P. (2018). The role of telecollaboration in language and intercultural learning: A synthesis of studies published between 2010 and 2015. ReCALL, 30(3), 278–298. https://doi.org/10.1017/S0958344017000313
Defina, Wahpiyudin, C. A. B., Hartati, Y. S., & Wicaksono, A. (2024). The Effect of Convenience, Attractiveness, and Motivation on the Effectiveness of Online and Offline BIPA Learning Based on Teacher Perceptions. Theory and Practice in Language Studies, 14(11), 3443–3455. https://doi.org/10.17507/TPLS.1411.13
Diana, L., Arum, D. P., Susanto, G., & Angoluan, K. C. (2025). Analysis of the Needs for the Development of Indonesian Culture and Storytelling Based on BIPA Animation Video Teaching Materials. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(3), 627–646. https://doi.org/10.47134/IJSL.V5I3.450
Diani, W. R., & Halimi, S. S. (2020). INTERCULTURAL ASPECTS IN TEACHING INDONESIAN AS A FOREIGN LANGUAGE (BIPA). Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 4(2), 244–254. https://doi.org/10.30743/LL.V4I2.3100
Echcharfy, M. (2019). Intercultural Learning: A Promising Pedagogy in the New Millennium. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(3), 361–377. https://doi.org/10.21462/JELTL.V4I3.309
Fahmi, R. N., Handoko, P., Kurniawan, &, Pengembangan, B., Bahasa, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing/Indonesian as a Foreign Language) Policy as the Implementation of National Language Politics. 280–283. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.201230.053
Fitria, T. N. (2023a). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) Standard in Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Textbook: A Competency Mapping Analysis. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 17(2), 139–156. https://doi.org/10.24036/LD.V17I2.124244
Fitria, T. N. (2023b). Introducing Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA): Method and challenges of teaching Indonesian as a Foreign Language (IFL). Inovasi Kurikulum, 20(2), 205–224. https://doi.org/10.17509/JIK.V20I2.60374
Gürbüz, A., & Bilgisi Öz, M. (2024). A Study of EFL Instructors’ Multicultural Teaching Competence at Tertiary Level. Cukurova University Faculty of Education Journal, 53(3), 1218–1235. https://doi.org/10.14812/CUEFD.1462172
Humphreys, G. (2023). Short-Term Student Exchanges and Intercultural Learning. Elements in Intercultural Communication. https://doi.org/10.1017/9781009356671
Islahuddin, I., Tawandorloh, K.-A., Menjamin, S., & Waeno, M. (2025). Literature Review on Strategies for Improving Language Skills for Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA). PUSAKA: Journal of Educational Review, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.56773/PJER.V2I2.55
Josephine Audrey, P., Silvya Sari, D., & Zaenal Mubarak, K. (2023). Indonesian Language Diplomacy in the United States of America Through the Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Program. Language, Education and Culture Research, 3(2), 1. https://doi.org/10.22158/LECR.V3N2P1
Kapri, U. C. (2017). PRACTICE TEACHING AND SKILL DEVELOPMENT. IJARIIE, 3(4), 2039–2044. https://ijariie.com/AdminUploadPdf/PRACTICE_TEACHING_AND_SKILL_DEVELOPMENT_ijariie6247.pdf
Kardinal, G. T., & Purnama, C. (2024). Strategi Diplomasi Budaya Indonesia melalui Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Australia Periode 2018-2022. Padjadjaran Journal of International Relations, 6(2), 288–302. https://doi.org/10.24198/PADJIR.V6I2.49274
Khoirunnisa, A. S., & Sunarya, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Lintas Budaya dalam Perspektif Pengajar BIPA: Tantangan dan Peluang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 209–217. https://doi.org/10.30605/ONOMA.V9I1.2338
Luisa, A., Nurul, A., Rangkuty, O., Sitompul, A. W., & Harahap, S. H. (2024). Penerapan Prinsip-Prinsip Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Pembelajaran BIPA: Suatu Tinjauan Literatur. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(3), 1860-1867–1860–1867. https://doi.org/10.47467/ELMUJTAMA.V4I3.2233
Martutik, M., Suyitno, I., Fawzi, A., & Arista, H. D. (2023). Improving the Communicative Competence Through the Tutorial Learning Model for Bipa Learners. https://doi.org/10.21203/RS.3.RS-3746238/V1
Melati, I. K., Iswatiningsih, D., & Wurianto, A. B. (2022). Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal. BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 11(2), 163–173. https://doi.org/10.24114/BSS.V11I2.37351
Muliastuti, L. (2018). Penyebaran bahasa dan sastra Indonesia melalui pengajaran BIPA dan ekspedisi budaya. http://kbi.kemdikbud.go.id/kbi_back/file/dokumen_makalah/dokumen_makalah_1540468422.pdf
Nuryani, N., Bahtiar, A., Mawardi, N. F., & Hudaa, S. (2022). The Use of Wayang Stories in BIPA Learning as an Effort of Indonesian Language Diplomacy. https://doi.org/10.4108/EAI.28-10-2020.2315300
Pande, M. C., & Rajni. (2024). HUMAN RESOURCE MANAGEMENT IN EDUCATION. In Futuristic Trends in Management Volume 3 Book 16 (pp. 169–182). Iterative International Publisher, Selfypage Developers Pvt Ltd. https://doi.org/10.58532/V3BFMA16P3CH3
Raharja, S., Christina, Prima Yanti, R., & Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, M. (2023). DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA MELALUI PROGRAM BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING) DI LAOS TAHUN 2016-2022. Jurnal Pena Wimaya, 3(2). https://doi.org/10.31315/JPW.V3I2.10024
Rohimah, D. F. (2018). INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA DAN INTERNALISASI BUDAYA INDONESIA MELALUI BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). AN-NAS: Jurnal Humaniora, 2(2).
Rumindah, R., Nasution, J., Budianti, D., Siswati, E., & Pujiyanti, P. (2025). Contextual Approach in Indonesian Language Learning Model for Foreign Speakers (BIPA) to Improve Language Competence Skills. English Education Journal, 16(1), 14–23. https://doi.org/10.24815/EEJ.V16I1.43359
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2023, November 21). Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Konferensi Umum UNESCO. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. https://setkab.go.id/bahasa-indonesia-jadi-bahasa-resmi-konferensi-umum-unesco/
Sudikan, S. Y. (2022, February 4). Potentials, Opportunities, and Challenges of Indonesian as an International (Scientific Journal) Language. Proceedings of the 1st Konferensi Internasional Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI (KIBAR) 2020. https://doi.org/10.4108/EAI.28-10-2020.2315276
Susilo, J. (2017, August 22). Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui Program BIPA. OSF PREPRINTS; OSF. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/3AT4Y
Taratukhina, Y. V., & Tsyganova, L. A. (2019). The Problems of Teaching and Learning in a Cross-Cultural Environment. Springer Proceedings in Business and Economics, 267–275. https://doi.org/10.1007/978-3-030-16099-9_31
Tiawati, R. L., Kurnia, M. D., Nazriani, N., Annisa, W., & Harahap, S. H. (2024). Cultural Literacy in Indonesian Language Learning for Foreign Speakers (BIPA): Overcoming Barriers and Fostering Language Proficiency with Cross-Cultural Understanding Issues. Journal of Pragmatics and Discourse Research, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.51817/JPDR.V4I1.739
Viartasiwi, N., Trihartono, A., & Hara, E. (2020). Unpacking Indonesia’s Cultural Diplomacy: Potentials and Challenges. International Journal Sustainable Future for Human Security, 7(2), 23–31. https://www.researchgate.net/publication/349236544_Unpacking_Indonesia%27s_Cultural_Diplomacy_Potentials_and_Challenges
Wirawan, A. K., & Nakti, E. K. M. (2023). INTRODUCING INDONESIAN LANGUAGE TO THE WORLD THROUGH CULTURE-ENRICHED BIPA LEARNING. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 7(2), 219–232. https://doi.org/10.17977/UM006V7I22023P219-232
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratih Kusumaning Ayu, Muhammad Farid, Shafariana, Sarah Sarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















