PENDAMPINGAN MAHASISWA BARU TEKNIK ELEKTRO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROJECT CITIZEN

Authors

  • Nur Anita Syamsi Safitri Universitas Negeri Makassar
  • Atikah Nurul Asdah Universitas Negeri Makassar
  • Shafariana Universitas Negeri Makassar
  • Nurrahma Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Musawir Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Mentoring, Project Citizen, Literacy

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi akademik dan berpikir kritis mahasiswa baru Program D4 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar melalui pendampingan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model Project Citizen. Program ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2025 dengan melibatkan mahasiswa semester pertama sebagai peserta. Pendekatan Project Citizen dipilih karena mampu mengintegrasikan keterampilan berbahasa, berpikir kritis, dan pemecahan masalah nyata di lingkungan kampus. Pendampingan dilakukan melalui enam tahapan utama, yaitu identifikasi masalah publik, pemilihan isu prioritas, pengumpulan informasi, pengembangan portofolio, presentasi publik, serta refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis laporan ilmiah, menyusun argumen berbasis data, serta mengemukakan solusi kebijakan publik sederhana. Kegiatan ini juga menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu sosial dan lingkungan kampus. Program pendampingan ini merekomendasikan penerapan model Project Citizen secara berkelanjutan dalam pembelajaran MKWK Bahasa Indonesia, khususnya di fakultas non-bahasa, untuk memperkuat literasi akademik dan karakter mahasiswa.

References

Adha, M., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2018). The improvement of student intelectual and participatory skill through project citizen model in civic education classroom. International Journal Pedagogy of Social Studies, 3(1), 39-49.

Fajri, I., Yusuf, R., & Yusoff, M. Z. M. (2021). Model pembelajaran project citizen sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105-118.

Fasya, N. A., Wiranti, D. A., & Hamidaturrohmah, H. (2024). Efektivitas Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 5 SDN 2 Tahunan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 930-942.

Jaki, M. F., Nasution, J. P., Sinulingga, D. D., Purba, E. Y., Prasetio, G. M., Manalu, L., ... & Ginting, E. L. B. (2025). Retorika Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro: Perpaduan Bahasa Indonesia dan Istilah Elektronika. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 2(03).

Marlina, D. (2019). Analisis kemampuan literasi sains pada mahasiswa PGSD semester 1 tahun akademik 2019/2020. JS (Jurnal Sekolah), 4(1), 9-18.

Safitri, N. A. S., Asdah, A. N., & Apyunita, D. (2025). OPTIMALISASI LABORATORIUM BAHASA: STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAGI MAHASISWA BARU. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 768-774.

Siahaan, A., Pane, F., Sitanggang, J., Dawolo, P., Sitanggang, T., & Sitepu, Z. (2025). Peran Bahasa Indonesia dalam Penulisan Laporan Praktikum untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Medan. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 2(03).

Sulistyarini, S., Utami, T., & Hasmika, H. (2019). Project Citizen Model as Character Education Strengthening. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 4(1), 233-237.

Trisiana, A. (2015). Action for citizenship education of character education using project citizen model at senior high school in Indonesia. International Journal of Education and Psychology in the Community (IJEPC), (1&2), 42-53

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Safitri, N. A. S., Atikah Nurul Asdah, Shafariana, Nurrahma, & Muhammad Musawir. (2025). PENDAMPINGAN MAHASISWA BARU TEKNIK ELEKTRO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROJECT CITIZEN . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2433–2440. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1350