EDUKASI DAUR ULANG KREATIF PEMBUATAN POT TANAMAN DARI GALON BEKAS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN SEJAK DINI

Authors

  • Elva Ramadiyanti Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Atin Supriatin Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Yulia Amelia Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Widyu Nazillah Khoirunisa Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Imron Universitas Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Sampah, Daur Ulang, Pot

Abstract

Permasalahan sampah plastik menjadi tantangan global yang berdampak serius terhadap keberlanjutan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut adalah melalui kegiatan edukasi daur ulang yang bersifat kreatif dan aplikatif. Artikel ini membahas penerapan kegiatan pembuatan pot tanaman dari galon bekas sebagai sarana edukasi lingkungan bagi anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran ekologis sejak dini. Metode edukatif ini menggabungkan unsur seni, keterampilan, dan pengetahuan lingkungan dalam satu kegiatan yang interaktif dan menyenangkan. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak tidak hanya belajar tentang pengelolaan sampah plastik, tetapi juga mengembangkan kreativitas, rasa tanggung jawab, serta kepedulian terhadap kelestarian alam. Selain memberikan manfaat edukatif, kegiatan ini juga memiliki dampak sosial yang positif dengan melibatkan peran aktif guru, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang berorientasi pada keberlanjutan. Dengan demikian, pembuatan pot tanaman dari galon bekas dapat menjadi model pembelajaran kontekstual yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan sekaligus mendukung upaya pengurangan limbah plastik di tingkat komunitas.

References

Aisha, N. W. (2023). Pengaruh Bank Sampah Terhadap Jumlah Sampah Plastik Di Indonesia. Jurnal Alternatif - Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 14(1). Https://Doi.Org/10.31479/Jualter.V14i1.57

Anggraeni, I. (2024). Pengelolaan Komposter Untuk Anak Usia Dini: Mengubah Kesadaran Lingkungan Dan Pengurangan Sampah. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15–27. Https://Doi.Org/10.21154/Wisdom.V5i1.8438

As, S., Betariah, S., & Rayuningtya, P. (2025). Pemanfaatan Galon Bekas Sebagai Media Tanam Dalam Edukasi Lingkungan Usia Dini Di Tk Kota Malang Berbasis Praktik Langsung. 1(1).

Indrawan, Y. W., Jasmani, & Triyadi. (2024). Optimalisasi Pemasaran Produk Daur Ulang Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Studi Kasus Celengan Botol Lukis. 1(2), 59–63.

Kadir, S., Nuranisa, & Kamal. (2024). Filantropi Islam Dalam Aksi: Transformasi Limbah Plastik Di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Di Poi Panda Kawatuna Menjadi Sumberdaya Bernilai.

Lilis Nurhalizah & Lia Nirawati. (2023). Menciptakan Usaha Baru Melalui Pelatihan Pembuatan Tempat Sampah Dan Pot Bunga Dari Galon Bekas Di Kelurahan Ngadirejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 30–38. Https://Doi.Org/10.58169/Jpmsaintek.V2i3.167

Mausa, A., Elok, N., Indadihayati, W., & Arisa, M. (2025). Edukasi Kreatif Daur Ulang Botol Plastik Sebagai Solusi Estetika Lingkungan Melalui Pembuatan Pot Gantung Di Wilayah Dukuh Dayakan, Kulon Progo. 7(2), 1533–1538.

Meilani, S. D., & Insani, S. M. (2024). Projected Still & Motion: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Materi Ekosistem Di Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), 97–109. Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V24i1.69281

My, N., Ali, M. I., Hajar, S., & Arsyad, M. N. F. (2025). Proyek Daur Ulang Sampah Berbasis Steam Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar.

Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Widya Astuti, A. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914. Https://Doi.Org/10.58344/Jii.V2i9.3211

Sagala, A. H., Orlando, G., Syawaluddin, F. A., Siregar, J. S., & Yana, R. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan Pada Generasi Muda.

Suryani, N., & Dafit, F. (2022). Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 415–423. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V6i2.50730

Syafila, A. E., & A’yun, D. Q. (2024). Analisis Eksplorasi Konsep Pendidikan Konstruktivis Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek.

Tahani, S., Hendriyani, A., Saputri, A. F. N., & Wahyuni, S. (2025). Daur Ulang Limbah Plastik: Kemasan Bekas Jeli Mini Menjadi Kerajinan Gantungan Tas. 1(6).

Zamzam, R. (2018). Penerapan Program Sekolah Adiwiyata Kepada Karakter Siswa.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Ramadiyanti, E., Supriatin, A., Amelia, Y., Khoirunisa, W. N., & Imron, M. (2025). EDUKASI DAUR ULANG KREATIF PEMBUATAN POT TANAMAN DARI GALON BEKAS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN SEJAK DINI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2373–2382. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1333