EDUKASI DAUR ULANG KREATIF PEMBUATAN POT TANAMAN DARI GALON BEKAS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN SEJAK DINI
Keywords:
Sampah, Daur Ulang, PotAbstract
Permasalahan sampah plastik menjadi tantangan global yang berdampak serius terhadap keberlanjutan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut adalah melalui kegiatan edukasi daur ulang yang bersifat kreatif dan aplikatif. Artikel ini membahas penerapan kegiatan pembuatan pot tanaman dari galon bekas sebagai sarana edukasi lingkungan bagi anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran ekologis sejak dini. Metode edukatif ini menggabungkan unsur seni, keterampilan, dan pengetahuan lingkungan dalam satu kegiatan yang interaktif dan menyenangkan. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak tidak hanya belajar tentang pengelolaan sampah plastik, tetapi juga mengembangkan kreativitas, rasa tanggung jawab, serta kepedulian terhadap kelestarian alam. Selain memberikan manfaat edukatif, kegiatan ini juga memiliki dampak sosial yang positif dengan melibatkan peran aktif guru, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang berorientasi pada keberlanjutan. Dengan demikian, pembuatan pot tanaman dari galon bekas dapat menjadi model pembelajaran kontekstual yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai peduli lingkungan sekaligus mendukung upaya pengurangan limbah plastik di tingkat komunitas.
References
Aisha, N. W. (2023). Pengaruh Bank Sampah Terhadap Jumlah Sampah Plastik Di Indonesia. Jurnal Alternatif - Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 14(1). Https://Doi.Org/10.31479/Jualter.V14i1.57
Anggraeni, I. (2024). Pengelolaan Komposter Untuk Anak Usia Dini: Mengubah Kesadaran Lingkungan Dan Pengurangan Sampah. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15–27. Https://Doi.Org/10.21154/Wisdom.V5i1.8438
As, S., Betariah, S., & Rayuningtya, P. (2025). Pemanfaatan Galon Bekas Sebagai Media Tanam Dalam Edukasi Lingkungan Usia Dini Di Tk Kota Malang Berbasis Praktik Langsung. 1(1).
Indrawan, Y. W., Jasmani, & Triyadi. (2024). Optimalisasi Pemasaran Produk Daur Ulang Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Studi Kasus Celengan Botol Lukis. 1(2), 59–63.
Kadir, S., Nuranisa, & Kamal. (2024). Filantropi Islam Dalam Aksi: Transformasi Limbah Plastik Di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Di Poi Panda Kawatuna Menjadi Sumberdaya Bernilai.
Lilis Nurhalizah & Lia Nirawati. (2023). Menciptakan Usaha Baru Melalui Pelatihan Pembuatan Tempat Sampah Dan Pot Bunga Dari Galon Bekas Di Kelurahan Ngadirejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 30–38. Https://Doi.Org/10.58169/Jpmsaintek.V2i3.167
Mausa, A., Elok, N., Indadihayati, W., & Arisa, M. (2025). Edukasi Kreatif Daur Ulang Botol Plastik Sebagai Solusi Estetika Lingkungan Melalui Pembuatan Pot Gantung Di Wilayah Dukuh Dayakan, Kulon Progo. 7(2), 1533–1538.
Meilani, S. D., & Insani, S. M. (2024). Projected Still & Motion: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Materi Ekosistem Di Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(1), 97–109. Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V24i1.69281
My, N., Ali, M. I., Hajar, S., & Arsyad, M. N. F. (2025). Proyek Daur Ulang Sampah Berbasis Steam Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar.
Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Widya Astuti, A. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914. Https://Doi.Org/10.58344/Jii.V2i9.3211
Sagala, A. H., Orlando, G., Syawaluddin, F. A., Siregar, J. S., & Yana, R. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan Pada Generasi Muda.
Suryani, N., & Dafit, F. (2022). Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 415–423. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V6i2.50730
Syafila, A. E., & A’yun, D. Q. (2024). Analisis Eksplorasi Konsep Pendidikan Konstruktivis Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek.
Tahani, S., Hendriyani, A., Saputri, A. F. N., & Wahyuni, S. (2025). Daur Ulang Limbah Plastik: Kemasan Bekas Jeli Mini Menjadi Kerajinan Gantungan Tas. 1(6).
Zamzam, R. (2018). Penerapan Program Sekolah Adiwiyata Kepada Karakter Siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elva Ramadiyanti, Atin Supriatin, Yulia Amelia, Widyu Nazillah Khoirunisa, Muhammad Imron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















