LITERASI DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR: MEMBANGUN KECAKAPAN TEKNOLOGI DI UPT SD NEGERI 10 TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO
Keywords:
Literasi Digital, Sekolah Dasar, Generasi Digital, TeknologiAbstract
Perkembangan teknologi digital memberikan pengaruh besar dalam pendidikan, namun anak-anak sekolah dasar sebagai generasi digital (digital natives) sering menggunakan gadget untuk hiburan, sehingga potensi teknologi sebagai sarana belajar, pengembangan kreativitas, dan pengasahan kemampuan berpikir kritis belum optimal. Pengabdian masyarakat ini bertujuan membekali siswa UPT SD Negeri 10 Tarowang, Kabupaten Jeneponto, dengan keterampilan literasi digital melalui pendekatan partisipatif edukatif, metode instruktur-mentor, dan learning by doing, sehingga siswa terlibat aktif dalam sosialisasi, praktik, serta evaluasi dan refleksi penggunaan teknologi secara tepat, aman, dan produktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman, kesadaran, dan keterampilan literasi digital, termasuk kemampuan menggunakan gadget untuk kegiatan edukatif, mengurangi ketergantungan pada hiburan, memahami prinsip digital citizenship, serta mengaplikasikan lima kompetensi literasi digital. Pendekatan ini terbukti efektif menumbuhkan keterlibatan aktif siswa, membekali mereka untuk memanfaatkan teknologi secara bijak, kreatif, dan bertanggung jawab, serta mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 yang esensial bagi pendidikan dan kehidupan modern.
References
Atira (2021, 3 Maret). [Judul video] [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=Dr3XNIF8qF0
Buckingham, D. (2007). Digital media literacies: Rethinking media education in the age of the Internet. London: Routledge.
Daeng, Kembong & Syamsudduha. (2013). Kosakata Tiga Bahasa: Indonesia–Makassar–Bugis. Makassar: UD. Mandiri.
Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93–106.
Jenkins, H., Purushotma, R., Weigel, M., Clinton, K., & Robison, A. J. (2009). Confronting the challenges of participatory culture: Media education for the 21st century. Cambridge, MA: MIT Press.
Livingstone, S. (2004). Media literacy and the challenge of new information and communication technologies. The Communication Review, 7(1), 3–14. https://doi.org/10.1080/10714420490280152
OECD. (2018). Preparing our youth for an inclusive and sustainable world: The OECD PISA global competence framework. Paris: OECD Publishing.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmi Mardatillah, Ade Yustina, Atikah Nurul Asdah, Devi Apyunita, Sri Mulyani R

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















