MENUMBUHKAN KESANTUNAN BERBAHASA DAN KETERAMPILAN JURNALISTIK MAHASISWA MAGANG MELALUI PROGRAM SORE CERIA DI RRI PRO 2 MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Alfian Tuflih Universitas Negeri Makassar
  • Mayong Mayong Universitas Negeri Makassar
  • Putri Nadila Damayanti Universitas Negeri Makassar
  • Sarina Sarina Universitas Negeri Makassar
  • Nia Rahmadani Universitas Negeri Makassar
  • Adelia Ramadhani Armin Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikma Nurhikma Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Keterampilan Jurnalistik, Magang Mahasiswa, RRI Pro 2 Makassar

Abstract

Program magang di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 Makassar bertujuan untuk menumbuhkan kesantunan berbahasa dan keterampilan jurnalistik mahasiswa melalui keterlibatan langsung dalam program Sore Ceria. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode partisipasi aktif dan observasi. Dalam Prosesnya, mahasiswa menghadapi berbagai tantangan, seperti rasa gugup dan takut salah ucap saat berbicara di depan mikrofon, kesulitan dalam improvisasi, serta penyesuaian terhadap gaya penyiaran yang Santai namun tetap informatif khas Gen Z. Selain itu, adaptasi terhadap teknologi penyiaran dan dinamika kerja tim menjadi pengalaman penting yang membentuk kemampuan profesional mahasiswa dan berkomunikasi secara santun. Meskipun tantangan tersebut cukup signifikan, melalui bimbingan dari penyiar berpengalaman dan latihan berulang, mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan komunikasi serta memahami etika dan teknik penyiaran yang baik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesantunan berbahasa dan kepercayaan diri, serta pemahaman tentang praktik jurnalistik radio di era digital. Secara keseluruhan, program ini berhasil menjadi sarana pembelajaran kontekstual bagi mahasiswa untuk mengasah kreativitas, komunikasi, dan profesionalisme di dunia penyiaran.

References

Ahearn, B. L. (2021). Journalism graduates’ perceptions and experiences of internships and employment (Doctoral dissertation). Walden University.

Daugherty, E. L. (2011). A comparison of student and site supervisor perspectives on internships in public relations education. Journal of Public Relations Education, 1(2), Article 3.

Gibson, D. C. (2001). Communication faculty internships. Journal of Employment Counseling, 38(1), 12–23.

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship bagi peningkatan kompetensi mahasiswa.

Noe, R. A. (2003). Fundamentals of human resource management.[CD-ROM]. Student CD-ROM for use with Fundamentals of human resource management; Noe, Hollenbeck, Gerhart, Wright. McGraw-Hill.

Sari, B. L. (2014). Studi Kepuasan Pengguna Magang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Bkk Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Tahun 2014.

Sonhadji, A. H. (2013). Manusia, teknologi, dan pendidikan: menuju peradaban baru. Universitas Negari Malang.

University of Iowa. (n.d.). Experiential learning: Students “learn by doing”. Communication Studies.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Tuflih, M. A., Mayong, M., Damayanti, P. N., Sarina, S., Rahmadani, N., Armin, A. R., & Nurhikma, N. (2025). MENUMBUHKAN KESANTUNAN BERBAHASA DAN KETERAMPILAN JURNALISTIK MAHASISWA MAGANG MELALUI PROGRAM SORE CERIA DI RRI PRO 2 MAKASSAR . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2345–2355. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1322