MENGASAH KEMAMPUAN KORESPONDENSI: PELATIHAN SURAT RESMI BAHASA INDONESIA DI SMAN 22 GARUT
Keywords:
pelatihan surat resmi, korespondensi, SMAN 22 GarutAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan mengatasi rendahnya kemampuan literasi fungsional siswa SMAN 22 Garut dalam menulis surat resmi berbahasa Indonesia. Permasalahan utama meliputi kesalahan struktural, penggunaan bahasa informal, serta dominasi kesalahan linguistik seperti ejaan, tanda baca, diksi, morfologi, dan sintaksis. Melalui pendekatan partisipatif dan kontekstual, pelatihan intensif selama dua hari dilaksanakan bagi 37 siswa dengan metode simulasi, workshop kaidah bahasa, serta pemanfaatan platform digital untuk umpan balik kolaboratif. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman teoretis sebesar 45% dan lebih dari 85% draft surat peserta telah memenuhi standar struktur formal pasca-pelatihan. Evaluasi melalui survei kepuasan terhadap 37 responden menghasilkan skor rata-rata 3,68 (dari skala 4), dengan 97,3% peserta bersedia merekomendasikan program. Keberhasilan ini membuktikan efektivitas integrasi pembelajaran berbasis simulasi, penguatan kaidah bahasa Indonesia, dan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kompetensi korespondensi. Selain itu, program ini turut memperkuat fondasi literasi administratif berkelanjutan melalui pemberdayaan guru dan penyediaan modul serta template digital yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah.
References
Antonio, J., & Briones, M. (2022). Linguistic errors and skill-competency of students in writing business letters. Journal of English Education and Linguistics, 3(1), 64–84.
Apriliani, A., Ginaldo, K., & Seran, M. Y. G. (2024). Administrasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ). Karimah Tauhid, 3(1), 673–681.
Awalludin, A., Sanjaya, M. R., & Bataria, A. (2020). Hubungan Pemahaman tentang Surat-Menyurat terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Oku. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 31–42.
Azmi, S. R. M., Dewi, M., & Maulana, C. (2023). Pelatihan Penulisan Surat Resmi Dengan Konsep Andragogi Pada Aparatur Desa Padang Genting Di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 155–160.
Barus, A. F. B., Pasaribu, A. T. A., & Tansliova, L. (2024). Tantangan dan Solusi Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Efektif Dalam Diskusi Akademik Untuk Meningkatkankan Kemampuan Berbahasa Mahasiswa Milenial. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(2), 162–171.
Baryanto, B., Sembiring, D., Bangkara, B. M. A. S. A., Khasanah, K., & Aunurrahman, A. (2023). Responding to Trends in Digital-Based Classroom Learning: Efforts to Improve Learning Outcomes of Indonesian Millennial Students at Bengkulu University. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(1), 24–36. https://doi.org/10.25217/ji.v8i1.2931
Darmansah, T., Ayundari, N. F., & Arifandi, R. (2024). Pengembangan Sistem Persuratan Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Data. Cemara Education and Science, 2(2).
Erliani, S., Azzahra, A. P., Nasution, I., Rahayu, P., Maulana, M. R., Fathurrahman, O. R., Tanjung, W. K., & Amanda, S. (2024). The Role of Educational Program Evaluation in Optimizing the Quality of Learning at MA Nurul Fadhilah. ALACRITY: Journal of Education, 45–51.
Gontijo, C. M. M., Costa, D. M. V., & Perovano, N. S. (2020). Alfabetização na Base Nacional Comum Curricular (BNCC). Pro-Posições, 31, e20180110.
Hapsari, E. W., Sudarman, S., & Utami, S. (2022). Sources of students’ errors in EFL writing in Indonesia. JADEs Journal of Academia in English Education, 3(2), 141–160.
Hartono, D. A., & Prima, S. A. B. (2021). THE CORRELATION BETWEEN INDONESIAN UNIVERSITY STUDENTS’ RECEPTIVE VOCABULARY KNOWLEDGE AND THEIR READING COMPREHENSION LEVEL. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(1). https://doi.org/10.17509/ijal.v11i1.34590
Herawati, L., & Mulyaningsih, I. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Surat Resmi di Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 114–124.
Hui, J., & Sprouse, M. L. (2023). Lettersmith: Scaffolding written professional communication among college students. Proceedings of the 2023 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–17.
Kim, D.-H., Yoon, H. B., Yoo, D.-M., Lee, S.-M., Jung, H.-Y., Kim, S. J., Shin, J.-S., Lee, S., & Yim, J.-J. (2016). Etiquette for medical students’ email communication with faculty members: a single-institution study. BMC Medical Education, 16(1), 129.
Laia, F. (2022). Kesalahan Tata Bahasa pada Surat Izin di Sekolah yang Ditulis oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Amandraya Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 34–40.
Luijkx, A., Gerritsen, M., & van Mulken, M. (2020). The effect of Dutch student errors in German business letters on German professionals. Business and Professional Communication Quarterly, 83(1), 34–56.
Muchlis, W. D. P., & Emilda, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Surat Naskah Dinas Elektronik terhadap Kinerja Karyawan di KPP Pratama Kendari. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran Dan SDM, 4(2).
Nasution, S. H., Jupri, A., Darhim, D., Pratama, E. Y., Astiswijaya, N., Fajriadi, D. , & Wijayanti, P. S. (2024). (2024). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Inovatif bagi Guru SMP Negeri 6 Garut: Innovative Learning Design Training for Teachers of SMP Negeri 6 Garut. . PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(9), 1611–1616.
Nurgiyantoro, B., Lestyarini, B., & Rahayu, D. H. (2020). Konstruk asesmen literasi fungsional untuk siswa sekolah menengah pertama. LITERA, 19(2), 210–227.
Nuryanto, T. (2015). Menurunnya penutur bahasa Indonesia sebagai lingua franca. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 29–41.
Ohta, R., Ryu, Y., Katsube, T., Otani, J., & Moriwaki, Y. (2021). Strengths and Challenges for Medical Students and Residents in Rural Japan. Family Medicine, 53(1), 32–38. https://doi.org/10.22454/fammed.2021.308872
Permana, D. F., Putra, A. P. K., Purasani, H. N., Fridhasandy, V. A., Ambarwati, D., Rosyida, K. L., & Oktarina, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Korespondensi Petugas Tata Usaha Melalui Pelatihan Pembuatan Full Form Letter Berbasis Excel di Sekolah Penggerak Se-Kabupaten Grobogan. . Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(6), 1617–1624.
Prasetya, R. E., & Syarif, A. (2023). Peningkatan Pembuatan Surat Formal Bahasa Inggris Dan Pengelolaan Mail Merge Dalam Pembuatan Surat Elektronik Tingkat Operasional Dasar Untuk Siswa-Siswi SMK Triguna 1956. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 39–46.
Ramdhani, R. D., & Kalsum, U. (2024). Analisis Kesalahan Penulisan Surat Dinas: Studi Kasus di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Ahsan: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(1), 81–90.
Rizanti, B. R., Thohir, L., & Apgrianto, K. (2024). PROBLEMS AND PRACTICAL NEEDS IN LEARNING SPEAKING IN HIGHER EDUCATION. . Wiralodra English Journal (WEJ), 8(2), 40-51., 8(2), 40–51.
Sari, K., Hizbullah, G., & Syaputra, E. (2022). Pentingnya Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 129–134.
Schindler, K. (2005). Studierende schreiben beruflich: Beobachtungen einer empirischen Studie. . Schreiben Am Arbeitsplatz, 217–234.
Septiani, D., Abdullilah, A., & Sidik, P. N. R. (2023). Pengaplikasian Cerpen dan Puisi Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Anak-Anak di Lingkungan Limo Tengah RT 04 RW 03 Depok-Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 26–33.
Septiani, D., Maemunah, S., Awla, A. I., & Varatisha, A. A. (2021). Pelatihan Penulisan Resensi Karya Sastra Di SMK Giri Taruna 2 Bogor. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 97–105.
Septiani, D., Maulinda, R., Saragih, D. K., & Aryani, A. (n.d.). PENGARUH PELATIHAN DARING PRAKTIK RETORIKA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI SMK NUSANTARA 02 KESEHATAN. Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-UNS.
Septiani, D., Saragih, D. K., & Maulinda, R. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Kesantunan Berbahasa terhadap Prestasi Penulisan Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMPN 21 Tangerang Selatan. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 8(1), 48–59.
Sitohang, K., & Alfianika, N. (2022). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam menulis surat resmi siswa SMP di Kota Padang. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 64–76.
Sutarjo, M. A. S., Fariza, M. R., & Rohimakumullah, M. A. A. (2024). Pentingnya Kemampuan Public Speaking yang Mumpuni Bagi Pelajar SMA di Kabupaten Garut. . HUMANUS: Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(1), 67–73.
Tuffahati, J., Hadi, F., Isnaini, I., Ariesky, R. Z., & Darmansah, T. (2024). PERAN PETUGAS TATA USAHA DALAM MENJAGA KUALITAS MANAJEMEN PERSURATAN DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN. Cemara Education and Science, 2(2).
Widiyono, Y., Purwanto, J., Ermaeni, E., Susilo, J., & Triyati, T. (2024). Peningkatan Literasi Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Sekolah. . Surya Abdimas, 8(3), 442–448.
Xu, W.-Y., & Ma, J.-Q. (2017). Study on the Application of Problem-solving Method in Community Service in Higher Vocational Education. 3rd Annual International Conference on Management, Economics and Social Development (ICMESD 17), 163–166.
Yando, M., Barasa, L., & Simanjuntak, M. B. (2024). Integrating practical skills into multimodal transportation education in Indonesia. International Journal of Educational Development, 1(3), 1–10.
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2018). Literacy Competence And High Order Thinking Skills In Curriculum 2013 Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 527–532.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Septiani, Cece Nuryadi, Margareta M. Gulo, Marta L. Halawa, Nyimas Seraya , Yulia Mustika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















