PENDAMPINGAN PEMBIASAAN IBADAH MELALUI KEGIATAN MAJELIS TAKLIM PUTRI DI MAN KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Mahrini Mahrini UIN Palangka Raya
  • Muhammad Redha Anshari UIN Palangka Raya

Keywords:

Pembiasaan Ibadah, Majelis Taklim Putri, Pendampingan

Abstract

Pendampingan pembiasaan ibadah Jumat melalui kegiatan Majelis Taklim Putri di MAN Kota Palangka Raya merupakan upaya penguatan karakter religius siswi sekaligus pembentukan budaya ibadah yang berkelanjutan di lingkungan madrasah. Program ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi dan koordinasi dalam kegiatan keagamaan siswi, sehingga diperlukan pendekatan yang mampu menggerakkan potensi dan aset yang telah dimiliki sekolah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) melalui lima tahapan: Discovery, Dream, Design, Define, dan Deliver. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam semangat beribadah, kedisiplinan, serta partisipasi aktif siswi dalam kegiatan Majelis Taklim. Siswi tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga tampil sebagai pemimpin dalam pembacaan surah, kultum, dan pelaksanaan ibadah berjamaah. Program ini berhasil mengubah kegiatan keagamaan yang semula bersifat sporadis menjadi kegiatan rutin dan mandiri, serta menumbuhkan budaya religius yang hidup di lingkungan sekolah. Dengan demikian, pendampingan ini berkontribusi nyata dalam membentuk generasi madrasah yang beriman, berkarakter, dan berdaya spiritual tinggi.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., & Dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In J. W. Suwendi, Abd. Basir (Ed.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian (Pertama). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Amin, N. H. Al, & Imam, K. (2022). Fiqih Ibadah (Tim Gerbang Media Aksara (ed.); Pertama). Gerbang Media Aksara.

Ibrahim, A. (2023). Konsep Tujuan Hidup Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an. 3(2), 89–97.

Khasanah, U., Trisnawati, S. N. I., & Isma, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat (S. N. I. Trisnawati (ed.); Pertama, Vol. 16, Issue 2). Penerbit Tahta Media Group (Grup Penerbitan Cv Tahta Media Group).

Norjanah, A. (2024). Pendampingan Dzikir Rutin Di Ruang Bk Untuk Meningkatkan Ketenangan Pada Siswa Yang Bermasalah. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2, 1901–1909.

Saleleubaja, J., Samaloisa, R., Bamae, D. L., & Hasibuan, N. (2023). Peran Gembala Jemaat Dalam Meningkatkan Motivasi Pertumbuhan Spiritual Remaja Akhir. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12179–12196. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Shodiq, M., & Kuswanto. (2024). Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Keteladanan Dan Pembiasaan. Arsy Journal of Islamic Studies, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11308

Ulandari, S., Hartati, Z., & Anshari, M. R. (2025). Penguatan Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 8 Palangka Raya. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 17(1), 341–352. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3860

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. Anthor: Education and Learning Journal, 2, 566–576.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Mahrini, M., & Anshari, M. R. (2025). PENDAMPINGAN PEMBIASAAN IBADAH MELALUI KEGIATAN MAJELIS TAKLIM PUTRI DI MAN KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2320–2327. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1320