PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMBACA PERMULAAN DENGAN APLIKASI SI RACA
Keywords:
Siswa Sekolah Dasar, Membaca Permulaan, Aplikasi Si Raca, Kearifan LokalAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan melaksanakan kegiatan pendampingan terkait membaca permulaan dengan aplikasi Si Raca. Subjek pengabdian merupakan siswa kelas 1 MI Al Falah Sugihwaras, Parengan yang berjumlah 16 orang. Siswa diminta untuk membaca mulai dari alfabet, suku kata, kata, kalimat, dan teks narasi menggunakan aplikasi Si Raca yang berbasis kearifan lokal yang ada di Jawa Timur. Pendampingan dilakukan secara tatap muka intensif selama 3 hari, selebihnya dilakukan monitoring dengan penugasan mandiri. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 1) penggunaan aplikasi Si Raca berbasis kearifan lokal di Jawa Timur meningkatkan motivasi siswa karena dilengkapi dengan audio, gambar, dan video; 2) adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Al Falah Sugihwaras setelah dilakukan pendampingan menggunakan aplikasi Si Raca dimana terdapat 7 siswa yang dikategorikan ‘sangat baik’, 5 siswa yang dikategorikan ‘baik’, dan 4 siswa yang dikategorikan ‘cukup baik’.
References
Aprilia, U. I., Fathurohman, F., & Purbasari, P. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas I. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227-233. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37266.
Asrivi, Q. E. S., Rokhman, F., & Deliana, S. M. (2017). Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 6(3), 257-266. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i3.21099.
Astia, M. (2020). Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri 93 Palembang. Scholastica Journal: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 3(1). https://doi.org/10.31851/sj.v3i1.7553.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36.
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10-24. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/download/17197/12691.
Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age, 3(01), 17-29. Retrieved from https://repository.ubt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7957&keywords=.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63-68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.
Hartati, Tatat. dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: UPI Press.
Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/12210.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2). Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149-157. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705.
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121-126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14.
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611-2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167.
Moleong, Lexy, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. PT Remaja Rosdokarya. Bandung.
Morelent, Y. (2015). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141-152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234.
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210-228. https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/12045/8608.
Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar. Paedagogia, 13(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/4h2w5iabbbbi5kldbfia2nb2zi/access/wayback/https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2719/pdf.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.
Rusmiati, Mei & Deti, Salsabila & Sukmana, Salshabila & Anggraeni Dewi, Dinie & Furnamasari, Yayang. (2021). Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood. 4. https://doi.org/150-157. 10.31004/aulad.v4i3.180.
Sunarsih, Maria. (2022). Penerapan Metode Quiz Berbasis Microsoft Form Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sdn Dukuh Menanggal I/424 Surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar. 6. 63-75. https://doi.org/10.26740/eds.v6n1.p63-75.
Supraptiningrum, S., & Agustini, A. (2015). Membangun Karakter siswa melalui budaya sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8625.
Susilo, S. V., Febriyanto, B., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan model multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cahyo Hasanudin, Ayu Fitrianingsih, Juwanda, Nabila Ulfaida, Nofia Fitriyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.