IMPLEMENTASI BUDAYA INDONESIA UNTUK MEMPERKUAT PEMAHAMAN NASIONALISME PADA MURID SANGGAR BIMBINGAN AR-RAHMAH

Authors

  • Alifa Salma Musyaffa Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Gia Azizatul Goniyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mercy Della Novelda STKIP Muhammadiyah Oku Timur
  • Ardhana Januar Mahardhani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Indonesian Culture, Introduction, Guidance Studio

Abstract

Penerapan budaya Indonesia dalam proses pembelajaran dapat menjadi strategi efektif untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan baru sambil mempertahankan identitas budaya Indonesia asli mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana budaya Indonesia diterapkan dalam pendidikan anak-anak migran dan dampaknya terhadap perkembangan akademik dan sosial mereka. Integrasi budaya Indonesia dalam memulai pelajaran harian dan kegiatan ekstrakurikuler, seperti penggunaan bahasa Indonesia, pengenalan tradisi lokal dan tarian kreatif, serta pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai budaya, dapat meningkatkan kepercayaan diri dan hubungan sosial siswa. Kegiatan ini dikemas sebagai Program Pendidikan Kemitraan Internasional (KKNDik-KI). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa banyak siswa tidak mengenal budaya Indonesia secara langsung. Dengan kegiatan ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan meningkatkan cinta mereka terhadap Indonesia, meskipun mereka belum pernah ke Indonesia, namun mereka merupakan bagian dari warga negara Indonesia.

References

Aththoillah, M. S., Mahardhani, A. J., Cahyono, H., & Majid, I. A. (2024). Indonesian Migrant Community Behavior and Awareness in Providing Education Rights for Children. Didaktika Religia, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30762/DIDAKTIKA.V12I1.3457

Hartanto, E. D., Chaniago, Z., Mahardhani, A. J., Cahyono, H., Huda, M., & Narulita Sari, R. (2024). Pelatihan Tari Reog Ponorogo sebagai Upaya Pengenalan Budaya Indonesia bagi Siswa Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 24–34. https://doi.org/10.56972/JIKM.V4I1.104

Mahardhani, A. J., Sutrisno, S., Rusdiani, N. I., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., Kristiana, D., & Ayuningtyas, E. D. P. (2023). Pembelajaran Lintas Budaya Melalui Aktivitas Mengajar pada Sanggar Bimbingan Non Formal di Malaysia. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.956

Muhammad, F. N. N., Miftahurrahmi, R., & Khilyatussa’adah, K. (2024). Implementasi Metode Drill dalam Pembelajaran Tari di Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Tari Program Studi PGMI. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 100–105. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.450

Niehlah, A. R., Jufriansah, A., Khusnani, A., Fauzi, I. M., & Sari, T. P. (2023). Penguatan Pendidikan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Jasmani bagi Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 105–122. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.127

Nurlitasari, A., Mahardhani, A. J., Harmanto, B., Rahmani, D. D., & Cahyono, H. (2023). The Principal’s Strategy in Forming an Attitude of Love For the Motherland in Immigrant Students in Malaysia (Case Study at Kampung Baru Guidance Center). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 381–390. https://doi.org/10.37680/QALAMUNA.V15I1.2413

Nurmanita, T. S., Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., Anam, K., & Rohmah, W. M. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENGUATKAN IDENTITAS NASIONAL SISWA DI LUAR NEGERI : PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI. 6356, 329–339.

Sulistyanto, H., Djumadi, D., Narimo, S., Prayitno, H. J., Anif, S., Tahang, H., Kusuma Budi, A., & Setyaningrum, F. A. (2023). Pemberdayaan Literasi-Numerasi Siswa Sanggar Kulim Kedah dan Ar-Rahmah Penang Malaysia dengan Media Digital. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22611

Tanaya, N. W., Cahyaningtyas, A. L., & Nurjanah, A. R. (2024). Penguatan Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Apresiasi terhadap Keberagaman Budaya Indonesia di SB Permai Penang. 6(2), 131–140. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v6i2.8031

Trisofirin, M., Mahardani, A. J., Cahyono, H., & Wiratmoko, R. (2023). Pandangan Nasionalisme dari Anak Pekerja Migran Indonesia Non Dokumen di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 64–70.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Musyaffa, A. S., Goniyah, G. A., Novelda, M. D., Mahardhani, A. J., & Wulansari, B. Y. (2025). IMPLEMENTASI BUDAYA INDONESIA UNTUK MEMPERKUAT PEMAHAMAN NASIONALISME PADA MURID SANGGAR BIMBINGAN AR-RAHMAH. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2260–2266. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1309