INTEGRASI PEMBELAJARAN ARITMETIKA DASAR DAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SDN 31 JATI TANAH TINGGI PADANG
Keywords:
Integrasi, Aritmetika dasar, bahasa InggrisAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep dasar aritmetika dalam Bahasa Inggris kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 31 Jati Tanah Tinggi Padang. Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika dan bahasa Inggris secara terpadu melalui pendekatan interaktif dan kontekstual. Metode pelaksanaan meliputi pembelajaran tematik, permainan edukatif, dan latihan soal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan partisipasi aktif siswa serta pemahaman dasar terhadap istilah aritmetika dalam bahasa Inggris, seperti penjumlahan (addition), pengurangan (subtraction), perkalian (multiplication), dan pembagian (division). Kegiatan ini juga memperlihatkan potensi integrasi lintas mata pelajaran dalam pendidikan dasar.
References
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). McGraw-Hill
Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. Penguin English
Brumfit, C., Moon, J., & Tongue, R. (2001). Teaching English to Children: From Practice to Principle. Longman.
Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.
Coyle, D., Hood, P., & Marsh, D. (2010). CLIL: Content and Language Integrated Learning. Cambridge University Press.
Kemendikbud. (2017). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nunan, D. (2011). Teaching English to Young Learners. Anaheim University Press.
Haylock, D. (2010). Mathematics Explained for Primary Teachers (4th ed.). Sage Publications.
Driscoll, P., & Frost, D. (1999). The Teaching of Modern Foreign Languages in the Primary School. Routledge.
Shin, J. K., & Crandall, J. (2014). Teaching Young Learners English: From Theory to Practice. National Geographic Learning.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Revisi). Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson Education
Vale, D., & Feunteun, A. (2003). Teaching Children English: A Training Course for Teachers of English to Children. Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Megista Putri, Wienda Gusta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















