KLUB BUKU SEBAGAI STRATEGI LITERASI: ANALISIS KEGIATAN DI PERPUSTAKAAN BJ. HABIBIE MAN 1 KOTA MAKASSAR
Keywords:
Klub Buku, Literasi, Minat Baca, Strategi LiterasiAbstract
Rendahnya minat baca di Indonesia masih menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan. Upaya untuk menumbuhkan budaya literasi memerlukan strategi inovatif yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung program literasi sekolah melalui pendampingan kegiatan klub buku di Perpustakaan BJ. Habibie MAN 1 Kota Makassar. Pengabdian dilaksanakan sejak 1 Agustus hingga 11 September 2025 dengan melibatkan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar bersama pustakawan sekolah. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung, partisipasi aktif dalam setiap kegiatan klub buku, wawancara informal dengan pustakawan dan anggota klub buku, serta dokumentasi seluruh aktivitas sebagai bahan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan secara rutin dua kali dalam sebulan melalui mekanisme “arisan buku”, di mana peserta dipilih secara acak untuk membedah buku atau film, kemudian dilanjutkan dengan diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa klub buku berhasil menciptakan suasana literasi yang menyenangkan, interaktif, dan partisipatif. Selain meningkatkan minat baca, kegiatan ini juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi siswa. Kegiatan pengabdian ini membuktikan bahwa perpustakaan sekolah dapat berperan sebagai pusat pengembangan literasi yang aktif, inovatif, dan berkelanjutan dalam mendukung gerakan literasi sekolah.
References
Desy, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2).
Inggriyani, F., & Samosir, A. W. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2187–2199.
Munawaroh, F., Prastika, D., Malinda, D. P., & Tansilurrahman, M. (2024). Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 8–17.
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.
Rusiana, R., Nuraeningsih, N., Sulistyowati, T., Syafei, M., Romadlon, F. N., Nurcahyo, A. D., Agulan, L. P., Thongmark, N., Anna, S., & Kurt-Taşpınar, H. (2024). Book clubs as a pedagogical tool for developing critical thinking: Evidence from an English education program in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 350–364.
Ucik, W. (2023). Membangun Komunitas Baca dan Literasi melalui Perpustakaan: Upaya Membangun Komunitas Baca dan Literasi melalui Perpustakaan. Literasiana, 1(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syaikha Nur Aini, Adelia Natasya, Andi Irwan Firdauzy, Ulfah Syafiqah, Nur Halisah, Muhammad Imam Nasir, Himayah Himayah, Touku Umar, Saenal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















