KONTRIBUSI MAHASISWA PRAKTIK KERJA LAPANGAN JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR DALAM PENATAAN ULANG PERPUSTAKAAN MTSN 1 KOTA MAKASSAR
Keywords:
Kontribusi Mahasiswa, Pengabdian kepada masyarakat, Penataan ulang perpustakaan, Ilmu perpustakaan, SLIMS, MTsN 1 Kota MakassarAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan UIN Alauddin Makassar dalam kegiatan penataan ulang koleksi dan tata ruang perpustakaan MTsN 1 Kota Makassar, melalui penerapan teori dan keterampilan praktis yang diperoleh selama perkuliahan. Metode yang digunakan adalah metode pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan partisipatif dan deskriptif kualitatif. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2025 dan melibatkan mahasiswa secara langsung dalam berbagai aktivitas teknis dan manajerial perpustakaa. P elaksanaan pengabdian meliputi kegiatan inventarisasi koleksi, pemberian nomor klasifikasi DDC, penulisan nomor induk, pelabelan, penataan rak buku, serta digitalisasi data koleksi melalui aplikasi SLIMS. Mahasiswa juga berperan dalam mengidentifikasi koleksi yang rusak, dan membantu merapikan tata ruang. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas dan waktu pelaksaan, kegiatan ini berhasil meningkatkan efesiensi tata koleksi serta memperkuat keterampilan mahasiswa dalam bidang katalogisasi, klasifikasi, dan manajemen informasi. Secara keseluruhan, hasil kegiatan menunjukkan bahwa program PKL ini berkontribusi signifikan terhadap optimalisasi layanan perpustakaan sekolah serta berfungsi sebagai media pembelajaran kontekstual bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan teori dengan praktek lapangan.
References
Afriatin, Rohmy, and Danusiri Danusiri. 2021. ‘Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Di MTs Negeri 7 Kebumen’, Jawda: Journal of Islamic Education Management, 1.1: 47–55
Agustri, Yangyi, Universitas Islam, Negeri Raden, and Fatah Palembang. 2024. ‘Analisis Tata Ruang Koleksi Yang Optimal Bagi’, 3.1: 32–43
Anto, Rola Pola, Nikmatullah Nur, Yusriani, Fenni Kurniawati Ardah, Juwita Desri Ayu, and others. 2024. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Penerapannya, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Grup penerbit CV Tahta Media Group), II
Astuti, Erna Zuni, et all. 2025. ‘Jurnal Abdidas’, Jurnal Abdidas, 1.3: 131–36 <https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/1012/688>
Hariyah, Hariyah, and Agus Triyanto. 2018. ‘Media Sosial Alat Promosi Perpustakaan Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI’, Media Pustakawan, 25.2: 29–38 <https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/275>
Hermanto, Bambang. 2019. ‘Kontribusi Perpustakaan Dalam Memperkuat Soft Skills Mahasiswa Melalui Magang Perpustakaan’, Buletin Perpustakaan, 2.2: 23–36 <https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15182>
Kurniawati, Wenny, and Yuniawatika Yuniawatika. 2023. ‘Pengelolaan Inventarisasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer Di Sekolah Dasar’, Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.1: 43 <https://doi.org/10.17977/um050v6i1p43-49>
Ulfa, Merrina, Muhammad Aryo Ramadhan, and Instiyawati Hakim. 2025. ‘LIBRARY COLLECTION MANAGEMENT : CATALOGIZATION AND CLASSIFICATION IN MADRASAH LIBRARIES’, 7.2: 151–63 <https://doi.org/10.30739/jmpid.v7i2.4038>
Usholicchah, Nurnida, Muvtia Agustina, Mitra Dwi Utami, Anisa Tusaqdia, Lusi Barokah, and others. 2024. ‘Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar’, Journal of Law, Administration, and Social Science, 4.4: 614–23 <https://doi.org/10.54957/jolas.v4i4.850>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfidah Nurfidah, Magfira Magfira, Armita Bahtiar, Syahrini Syahrini, Chaerun Muthiah, Marni Marni, Touku Umar, Saenal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















