PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SATUAN PENDIDIKAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK
Keywords:
Modul Ajar, , Profil Pelajar Pancasila, , PSPAbstract
Satuan pendidikan pada Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan lembaga pendidikan yang mengimplemntasikan kurikulum merdeka melalui pendampingan intens. Karakteristik kurikulum merdekaadalah adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pengembangan modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan projek. Satuan Pendidikan diharapkan Menyusun modul ajarnya sendiri sesuai dengan karakteritik, minat dan kebutuhan peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan gambaran berupa pelatihan Menyusun modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila kepada satuan Pendidikan PSP tersebut. Metode pelaksanaan menggunakan metode ceramah, praktik dan diskusi serta evaluasi. Kegiatan pelatihan ini mengahasilkan modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun oleh guru dengan komponen wajib serta mampu menyusun sesuai dnegan karakteristik , minat dan kebutuhan murid. Projek penguatan prodil pelajar Pancasila menjadi sebuah kegiatan pembelajaran dalam mewujudkan karakter profil pelajar pancasila pada peserta didik.
References
Anwar, Rosyida Nurul, ‘Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun’, Communautaire: Journal of Community Service, 01.01 (2022), 21–29
———, ‘Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka’, Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.2 (2022), 98–109
———, ‘Training on Implementation of Independent Curriculum for Teachers in PAUD Institutions in Sawahan District, Madiun Regency’, Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 1.01 (2022), 52–58
Anwar, Rosyida Nurul, Mulyadi, and Achmad Khudori Soleh, ‘Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD Untuk Meningkatkan Mutu Pendidik’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.4 (2022), 404–14 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577>
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, ‘Program Sekolah Penggerak’, Paudpedia.Kemdikbud.Go.Id, 2023 <https://paudpedia.kemdikbud.go.id/program-prioritas/program-sekolah-penggerak#:~:text=Program Sekolah Penggerak merupakan program,untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.>
Fadillah, Syarifah, Wiwit, and Aisyah, ‘Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Pendidikan Matematika, 13.2 (2022), 167–76 <http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm>
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo, ‘Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Basicedu, 6.5 (2022), 7840–49 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617>
Rahayuningsih, Suesthi, and Achmad Rijanto, ‘Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Sekolah Penggerak Di Nganjuk’, JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2.02 (2022), 120–26 <https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625>
Rizal, Muhammad, and Muhammad Iqbal, ‘Kompetensi Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.6 (2022), 6924–39 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415>
Rizal, Yenni, Modestus Deovany, and Ayu Siti Andini, ‘Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9.1 (2022), 46–57 <https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699>
Satriawan, Wahyu, Iffa Dian Santika, Amin Naim, Fakultas Tarbiyah, Branti Raya, Lampung Selatan, and others, ‘Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah’, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11.1 (2021), 1–12
Wijayanti, P S, F Jamilah, T R Herawati, and ..., ‘Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA’, ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian KEpada Masyarakat, 3.2 (2022), 43–49
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosyida Nurul Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.