PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN FISIK TERHADAP UMKM DESA GATAK, KECAMATAN DELANGGU

Authors

  • Jessica Ria Uli Universitas Diponegoro
  • Putri Salsabila Mustafa Universitas Diponegoro
  • Hega Bintang P.P Universitas Diponegoro
  • Swastika Dewi Universitas Diponegoro
  • Azaria Eda Pradana Universitas Diponegoro
  • Sri Mulyani Universitas Diponegoro

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Brand Awareness

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran digital dan fisik yang diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gatak, Kecamatan Delanggu, dalam meningkatkan daya saing dan perluasan pasar. Pendekatan pengabdian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business, Google My Business, Blog Informasi, Foto Produk, Google maps, Pencatatan keuangan dengan digital menjadi sarana efektif untuk promosi digital, sedangkan pemasaran fisik dilakukan melalui penjualan lompya duleg langsung di pasar lokal dan pameran produk. Sinergi antara pemasaran digital dan fisik terbukti mampu memperkuat brand awareness, meningkatkan penjualan, serta memperluas jangkauan konsumen. Temuan ini memberikan rekomendasi strategi terpadu bagi UMKM desa untuk memaksimalkan potensi lokal melalui kombinasi teknologi dan interaksi tatap muka.

References

Lestari, N., Asrini, A dan Hierdawati, T. 2024. Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Untuk UMKM di Desa Trangsan Melalui Branding Produk dan Titik Koordinat. J. Abdimas UM Jambi. 1(2): 113-123.

Putri, R. H dan Cahyani, D. P. 2020. Penerapan media sosial dalam strategi pemasaran UMKM di era digital. J. Ekonomi Kreatif. 8(1): 45–53

Rambe, D. N. S dan Aslami, N. 2021. Analisis strategi pemasaran dalam pasar global. J. Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213-223.

Rambe, M dan Aslami, N. 2021. Digital marketing as a strategy for increasing micro, small, and medium enterprises competitiveness. J. of Economics and Business. 5(2): 112–120.

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. J. Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1): 137–142

Suryana, Y dan Bayu, K. 2019. Strategi pemasaran berbasis digital untuk pengembangan UMKM. J. Manajemen dan Bisnis Indonesia. 15(3): 231–241.

Welkom, S. S., Sevriana, L., Sunarmo, S., Rahmi, A. N., Kamil, A. A. N., Raihan, M., Imanina, A. D dan Rahmawati, M. 2025. Sosialisasi Digital Marketing dan Pelatihan WhatsApp Business untuk UMKM di Kampung Karet RW10, Kab. Bogor, Jawa Barat. J. Abdi Masyarakat Indonesia. 5(2): 417–424.

Young, C., Wulandari, S. H. E dan Wardhanie, A. P. 2023. Transformasi phygital marketing pada UMKM makanan cepat saji guna meningkatkan omzet pasca pandemi. J. Sistem Informasi. 10(1).

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Uli, J. R., Mustafa, P. S., Bintang P.P, H., Dewi, S., Pradana, A. E., & Mulyani, S. (2025). PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN FISIK TERHADAP UMKM DESA GATAK, KECAMATAN DELANGGU. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2051–2057. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1297