PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GEMINI AI UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN INSTRUMEN WAWANCARA DAN REDUKSI DATA KUALITATIF PADA MAHASISWA S1 PGSD UNIVERSITAS WIRARAJA

Authors

  • Raden Firman Nurbudi Prijambodo Universitas Wiraraja
  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja

Keywords:

Gemini AI, Penelitian Kualitatif, Instrumen Wawancara, Reduksi Data, Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa PGSD

Abstract

Penelitian kualitatif merupakan kompetensi esensial bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), namun mereka sering menghadapi tantangan signifikan dalam menyusun instrumen wawancara dan mereduksi data. Kesulitan ini meliputi perumusan pertanyaan berbasis HOTS dan pengelolaan volume data wawancara yang besar serta tidak terstruktur. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penelitian kualitatif mahasiswa S1PGSD Universitas Wiraraja melalui pendampingan penggunaan Gemini AI. Metode pendampingan dilakukan melalui workshop interaktif yang mencakup pengenalan konsep penelitian kualitatif, praktik langsung penyusunan instrumen wawancara, dan reduksi data hasil wawancara menggunakan fitur-fitur Gemini AI seperti "Question Generation" dan "Summarize Text". Selain itu, program ini juga menekankan pentingnya etika penggunaan AI, pengawasan manusia, transparansi, dan manajemen data. Diharapkan, pendampingan ini dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penelitian mahasiswa, mempercepat penyelesaian skripsi, serta membekali mereka dengan literasi digital dan keterampilan abad ke-21 yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan teknologi AI.

References

Aprilia, L. R., Istifaroh, A. L., & Prayitno, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Gemini AI dalam Menyusun Perangkat Ajar bagi Guru. Prosiding Seminar SeNTIK, 8(1), 257–260. [18]

Google.(n.d.).About Gemini. Retrieved June 28, 2025, from https://gemini.google/about/ [10]

Google. (n.d.). Deep Research. Retrieved June 28, 2025, from https://gemini.google/overview/deep-research/ [11]

Inixindo Jogja. (n.d.). 5 Cara Gunakan Gemini AI untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan. Retrieved June 28, 2025, from https://inixindojogja.co.id/5-cara-gunakan-gemini-ai-untuk-meningkatkan-produktivitas-pekerjaan/ [8]

Michael. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis AI dengan Gemini dalam Pembuatan Modul Ajar Guru di SMK Kabupaten Melawi: Pendekatan Participatory Action Research. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 7(April), 96–103. [20]

Narrative. (n.d.). Using Gemini for Data Analysis. Retrieved June 28, 2025, from https://www.narrative.bi/analytics/using-gemini-for-data-analysis [12]

Puspitasari,A., & Ningsih, R. (2024). Aplikasi AI dalam Pendidikan. AICI-UMG. Retrieved June 28, 2025, from https://aici-umg.com/article/aplikasi-ai-dalam-pendidikan/ [6]

Remesh. (n.d.). AI Analysis for Qualitative Research. Retrieved June 28, 2025, from https://www.remesh.ai/resources/ai-analysis-for-qualitative-research [22, 23]

ResearchGate. (n.d.). Research Design Formulation (Yeschat): Provides detailed research designs for proposed objectives, including qualitative and quantitative methodologie stailored to specific research areas. Retrieved June 28, 2025, from https://communitymedicine4asses.wordpress.com/tag/gemini-ai/ [14]

SMU Learning Sciences. (n.d.). Qualitativevs.Quantitative Data Analysis. Retrieved June 28, 2025,from https://learningsciences.smu.edu/blog/qualitative-vs-quantitative-data-analysis [24]

Sugiyono, A. (2023). Pekanlit 2024: Etika Pemanfaatan AI dalam Riset dan Publikasi. UPN Veteran Jakarta. Retrieved June 28, 2025, from https://upnvj.ac.id/id/berita/2024/08/pekanlit-2024-etika-pemanfaatan-ai-dalam-riset-dan-publikasi.html [15]

Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. (n.d.). Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses perkuliahan konsep dasar IPA SD. Retrieved June 28, 2025, from https://staff.universitaspahlawan.ac.id/upload/riset/21-lampiran.pdf [3]

Universitas Sintuwu Maroso. (n.d.). Permasalahan kemampuan pengolahan dan analisis data kualitatif seringkali menghambat mahasiswa dalam menghasilkan karya penelitian. Retrieved June 28, 2025, from https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/mosintuwu/article/download/609/568 [1]

Universitas Teknologi Digital Indonesia. (n.d.). 5 Cara Menggunakan AI Secara Etis Dalam Publikasi Riset. Retrieved June 28, 2025, from https://aihub.id/pengetahuan-dasar/ai-dalam-publikasi-riset[16]

Universitas UII. (n.d.). Data hasi lwawancara ditranskrip dalam bentuk naratif dan dianalisis menggunakan thematik analysis. Retrieved June 28, 2025, from https://journal.uii.ac.id/thullab/article/download/25167/13970/80758 [19]

Universitas Wiraraja.(n.d.). GeminiAI:Membuka Potensi Baru dalam Aktivitas Perguruan Tinggi. Retrieved June 28, 2025, from https://uiad.unipma.ac.id/berita/2694/gemini-ai-membuka-potensi-baru-dalam-aktivitas-perguruan-tinggi-di-unipma [5, 9]

Wang,Y.(2024). Mengintegrasikan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi: Kajian Literatur Tentang Peran AI Dalam Pembelajaran Mahasiswa. NAAFI: Jurnal Ilmiah. https://jurnal.stkip-majenang.ac.id/index.php/naafi/article/download/84/53/368 [17]

Yustitia,V.(2017). Kesulitan Mahasiswa PGSD dalam Mengembangkan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 304-307. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/article/viewFile/63700/27816 [4]

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Prijambodo, R. F. N., & Punggeti, R. N. (2025). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GEMINI AI UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN INSTRUMEN WAWANCARA DAN REDUKSI DATA KUALITATIF PADA MAHASISWA S1 PGSD UNIVERSITAS WIRARAJA . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 1881–1890. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1291