PENYULUHAN DAMPAK NEGATIF BERMAIN GADGET PADA SISWA MI KH. HASYIM ASY’ARI KOTA MALANG

Authors

  • Vivi Indah Novianti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nungki Marlian Yuliadarwati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fika Ertitri Puskesmas Pandan Wangi

Keywords:

Gadgets, Student, Addiction, Elementary school

Abstract

Gadget memiliki dampak positif dan negatif dalam penggunaannya, apabila kita menggunakan dengan tempat dan terkontrol akan mengasilkan dampak yang positif namun apabila kita menggunakannya tidak terkontrol dan terlalu lama akan menimbulkan dampak negatif. Anak-anak dianjurkan dalam penggunaan gadget yaitu 2 jam perhari untuk menghindari dampak buruk dari Kesehatan, kehudupan social dan minat belajar. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan anak-anak mengenai gadget dan apa saja perilaku yang baik dan buruk untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran kegiatan ini adalah siswa MI Kh. Hasyim Asy’ari Pandanwangi Kota Malang. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu pada akhir sesi terlihat bahwa pengetahuan anak anak tekait gadget dan penggunaan gadget yang baik dan benar semakin meningkat. Perubahan akan terbentuk dari kebiasaan kecil yang dilakukan, apabila ada komitmen terhadap perilaku dan aktivitas yang baik akan membati diri dari penggunaan gadget yang berlebihan

References

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675

Darwin. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 12 Muntei Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 13–16.

Fatichah, H., & Madyawati, L. (2023). Picture Timetable Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 789–798. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.389

Hidayat, F., Hernisawati, H., & Maba, A. P. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap kepribadian anak sekolah dasar: studi kasus pada siswa ‘X.’ Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.226 Maola, P. S., & Lestari, T. (2021).

Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Education, 3(15), 219–225. Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. 2(5), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. Miranti, P., & Putri, L. D. (2021).

Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6. Munisa. (2020).

Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 102–114. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896

Nur Haqiqi, M. H., Eko Kurniawan, V., Melliya Sari, G., Febrianto, K., & Shomad, M. (2024). Hubungan Kecanduan Gadget Terhadap Pola Tidur Siswa Mi Miftahul Ulum Desa Sapon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Prima Wiyata Health, 5(1), 11–16. https://doi.org/10.60050/pwh.v5i1.60

Prayuda, R. A., Munir, Z., & Siam, W. N. (2020). Pengaruh Pemakaian Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Dasar Negeri Taal 01 Kecamatan Tapen Kab. Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1020

Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379

Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84 ini

Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Novianti, V. I., Yuliadarwati, N. M., & Ertitri, F. (2025). PENYULUHAN DAMPAK NEGATIF BERMAIN GADGET PADA SISWA MI KH. HASYIM ASY’ARI KOTA MALANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2157–2163. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1280