PELATIHAN PEMBUATAN KARYA ILMIAH (MAKALAH) BAGI SISWA KELAS XII SEBAGAI BEKAL KESIAPAN AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Ihsan Auliya Arrasyid UIN Palangka Raya
  • Saiful Lutfi UIN Palangka Raya
  • Hasan Holidin SMAS-IT Hasanka

Keywords:

Training, Scientific Work, Academic Literacy, Academic Readiness.

Abstract

Pelatihan pembuatan karya ilmiah (makalah) bagi siswa kelas XII SMA Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya dilaksanakan sebagai upaya membekali kesiapan akademik mereka sebelum memasuki perguruan tinggi. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang menekankan keterlibatan aktif siswa, guru, dan tim pengabdian dalam setiap tahap pelaksanaan. Materi pelatihan mencakup pengenalan konsep dasar makalah ilmiah, penyusunan kerangka makalah, penelusuran referensi melalui Google Scholar, penggunaan aplikasi Mendeley, hingga praktik penyusunan makalah sederhana sesuai kaidah akademik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias, aktif berdiskusi, serta mampu menghasilkan draf makalah sebagai bentuk praktik nyata. Evaluasi juga memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai struktur penulisan makalah ilmiah dan teknik pengutipan, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan kosakata akademik dan kesulitan dalam format sitasi. Secara keseluruhan, pelatihan ini terbukti relevan, efektif, serta sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar dalam menumbuhkan literasi akademik, keterampilan berpikir kritis, dan kesiapan menghadapi tantangan akademik di perguruan tinggi.

References

Agestia, E., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Adaptasi Mahasiswa Dalam Mengatasi Culture Shock Dalam Perkuliahan. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(4), 253–264. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i4.180

Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Berstandar LKIR LIPI Bagi Guru dan Siswa SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 98–110.

Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Media Madani.

Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik Di Perguruan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189.

Kartika, M., Khoiri, N., Sibuea, N. A., & Rozi, F. M. (2023). Learning By Doing, Training And Life Skills. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 1(2), 91–103. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i2.80

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Rahman, A. S., Sembodo, C., Kurnianingsih, R., Razak, F., & Amin, M. N. K. Al. (2021). Participatory Action Research dalam Pengembangan Kewirausahaan Digital di Pesantren Perkotaan. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 85–98.

San Fauziya, D., Ahmadi, Y., & Yani, A. S. (2020). Penerapan Metode Jurnal Reflektif Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Dalam Menulis Makalah. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(1), 10–23. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i1.2018

Satiti, W. S., & Ami, M. S. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581

Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.35141/jie.v6i1.652

Widodo, A., Jaelani, A. K., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1946

Zunaidi, A. (2022). Diklat Makalah Sebagai Implementasi Potensi Kepenulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid19. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.151

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Ihsan Auliya Arrasyid, Lutfi, S., & Holidin, H. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN KARYA ILMIAH (MAKALAH) BAGI SISWA KELAS XII SEBAGAI BEKAL KESIAPAN AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2138–2144. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1278