SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DALAM RANGKA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DI DESA PEMATANG PANJANG KECAMATAN SUNGAI TABUK
Keywords:
Digital Marketing, Strategi Pemasaran, UMKMAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat permasalahan rendahnya pemanfaatan digital marketing oleh pelaku UMKM di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Sungai Tabuk, yang menghambat pengembangan strategi pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital marketing bagi UMKM guna menunjang daya saing di era transformasi digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan pemberdayaan komunitas berbasis Asset-Based Community Development (ABCD) yang menitikberatkan pada pengembangan aset lokal secara partisipatif melalui tahap-tahap: identifikasi aset, perumusan harapan, perencanaan, pelaksanaan pelatihan, dan pembentukan kader agen perubahan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan kemampuan pelaku UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran digital, seperti pemanfaatan media sosial dan platform digital lainnya. Selain itu, dukungan aktif pemerintah desa memperkuat keberlanjutan program, membuka peluang perluasan pasar dan peningkatan kontribusi ekonomi UMKM secara lokal. Program ini diharapkan menjadi model transformasi digital yang berkelanjutan dan selaras dengan agenda nasional Go Digital 2025 serta Sustainable Development Goals (SDGs).
References
Abdurrahman, L. T., Saifullah, U., Darussalam, I., & Arkham, S. A. (2022). SDGs and Islamic Studies: Fiqh Muamalat, Sustainable Development, and Maqashid Asy-Syari’ah. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 14(2), 175–195. https://doi.org/10.14421/azzarqa.v14i2.2583
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media (R. H. M. Meutia, Ed.). Deepublish.
Bakri, M. F. (2021). Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pendayagunaan dana zakat (studi pada pemberdayaan batik desa Sumurgung). Universitas Brawijaya Malang.
Elsa, E., Febriyani, D., Nawawi, M., & Rohmah, S. (2022). Pemberdayaan Perempuan Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Pedesaan. TAZKIYYA : Jurnal Keislaman, Kemasyarakat Dan Kebudayaan, 23(2). https://doi.org/10.32678/tjk3.v23i2.7793
Esty Purwanti, A., & Lupiana, F. (2023). Peran Sistem Informasi Pemasaran dalam Mengelola Proses Pemasaran Melalui Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 88–102. https://doi.org/10.51903/jimeb.v2i2.607
Fadli, Z., Sudirjo, F., Rahmat, Santosa, A. D., Pasaribu, S. J., Octaviani, D. W., Yudha, H. S., Fauzan, R., Triwijayati, A., Rukmana, A. Y., Herdiansyah, D., & Fitriana. (2023). Manajemen Pemasaran Digital. In Muttaqin (Ed.), Correspondencias & Análisis (Pertama, Issue 15018). PT Global Eksekutif Teknologi.
Fany, A., Konseptualisasi, P., Pemberdayaan, S., Stai, P., & Majenang, S. T. (2021). KONSEPTUALISASI STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Vol. 1).
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Hartono, E. M., Pratam, R., Khoirunisa, A. R., Putra, F. W., & Kirana, K. C. (2023). Penggunaan Metode Malcolm Baldrige pada UMKM. Ekonomis : Journal of Eccnomics and Business, 7(2).
Haryono, E., Al Murtaqi, Moch. R., Izzah, A. N. L., Septian, D., & Sariman, S. (2024). Metode-metode Pelaksanaan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Untuk perguruan tinggi. Al Fattah: Jurnal Pendidikan, 5(2).
Hilmiyah, N., Permana, E., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku UMKM Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 226–245.
Ismawati, N. R. (2020). PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES). Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(1), 91. https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v6i1.4250
J Ferdinand Pardede, Lucky Nugroho, & Nurul Hidayah. (2022). Analisa Urgensi Digitalisasi Dan Laporan Keuangan Bagi Umkm. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1531–1542. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i4.4340
Malihah, L., & Sari, A. N. (2024). Peluang dan Tantangan Pada Industri Rumah Tangga Kuliner : Tinjauan Literatur. 09, 30–40.
Masturoh, U., & Arif, M. (2023). Pendampingan gerakan literasi keuangan dengan metode ABCD pada satuan pendidikan anak usia dini untuk menumbuhkan gerakan literasi inklusif berbasis komunitas. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 4(1).
Muharam, H., Kurniawan, D. A., Rosita, I., & Rahman, R. T. (2024). Membangun resiliensi UMKM melalui peran digitalisasi dan praktek sumber daya manusia. Business Management Journal, 20(1). https://doi.org/10.30813/bmj.v20i1.5214
Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, Emilda., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner sebagai penggerak UMKM pada masa Pandemi Covid 19. Jurnal Aksi Kepada Masyarakat STEBIS IGM, 3(1), 65–74.
Pristiandaru, D. L. (2023). Mengenal 17 Tujuan SDGS Pembangunan berkelanjutan beserta penjelasannya. Kompas.Com.
Safitriyanah, S. (2021). Strategi Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Syafira di Tengah Pandemi Covid-19. Politeknik Harapan Bersama.
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
Sari, R. A., & Sulastri, R. (2024). Pemberdayaan Perempuan dalam Pembangunan EKonomi di Karawang. Gunung Djati Conference Series Volume 39. The 2nd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Administrations (SCoPPA), 45–53. https://doi.org/10.15575/gdcs
Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemi covid 19 sebagai enterpreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JUMANIS), 2(2), 111=124.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Al Mubarak, M. A. R., Malihah, L., Mu’minah, M., & Ma’mun, M. Y. (2023). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Al-Adl : Jurnal Hukum, 15(1), 218. https://doi.org/10.31602/al-adl.v15i1.7072
Kano, K., Kyung Choi, L., subhan Riza, B., & Dinda Octavyra, R. (2022). Startupreneur Business Digital (SABDA) Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia. https://journal.pandawan.id/sabda/
Kanojia, K., & Rathore, T. (2025). Digital Marketing Strategies for Small Businesses. International Journal of Innovations in Science Engineering And Management, 38–45. https://doi.org/10.69968/ijisem.2025v4i138-45
Mitreva, M., Arsova, M., & Apasieva, T. J. (2022). Digital marketing and the potential for financial growth of small and medium-sized businesses. Journal of Economics, 7 (1). ISSN 1857-9973, 7(1). https://eprints.ugd.edu.mk/29525/
Setkute, J., & Dibb, S. (2022). “Old boys’’ club”: Barriers to digital marketing in small B2B firms.” Industrial Marketing Management, 102, 266–279. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2022.01.022
Yendra, Y., Zakaria, Z., & Noy, I. (2024). The Impact of Digital Marketing on Local Businesses. Advances in Community Services Research, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.60079/acsr.v2i1.340
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Habibah , Lola Malihah, Khairatun Hisan , Muhammad Adi Riswan Al Mubarak, Aji Nur Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















