SANTRI CERDAS TANPA NARKOBA: EDUKASI DAN PENCEGAHAN DINI DI LINGKUNGAN PESANTREN

Authors

  • Cindy Elvionita Universitas Baiturrahmah
  • Siska Ferilda Universitas Baiturrahmah
  • Elsa Marsellinda Universitas Baiturrahmah
  • Tessa Amanda Primadhini Universitas Baiturrahmah
  • Elisa Ayudia Universitas Baiturrahmah
  • Eka Desnita Universitas Baiturrahmah
  • Arif Ferdian Universitas Baiturrahmah
  • Rama Feriska Putra Universitas Baiturrahmah

Keywords:

Counseling, Drug Abuse, Pesantren, Prevention

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja merupakan salah satu masalah serius yang mengancam kesehatan, moral, dan masa depan generasi muda, termasuk di lingkungan pesantren. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa kelas IX Pondok Pesantren Prof. Dr. Hamka II Padang mengenai bahaya narkoba serta mendorong terbentuknya perilaku pencegahan. Metode yang digunakan meliputi pemaparan materi melalui ceramah interaktif, diskusi tanya jawab, kuis kelompok, serta foto Bersama. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah mengikuti penyuluhan, terciptanya suasana diskusi yang partisipatif. Selain itu, dukungan guru dan pimpinan pesantren memperlihatkan komitmen untuk menjadikan kegiatan ini sebagai program berkelanjutan. Dengan demikian, penyuluhan berbasis partisipatif terbukti efektif sebagai strategi pencegahan narkoba dan berpotensi memperkuat ketahanan komunitas pesantren terhadap ancaman penyalahgunaan zat terlarang.

References

Badan Narkotika Nasional (BNN). (2023). Laporan Tahunan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba 2023. Jakarta: BNN.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Fauzi, A. (2021). "Peran Pesantren dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja". Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 134–145.

Ife, J. & Tesoriero, F. (2014). Community Development: Community-based Alternatives in an Age of Globalisation (4th ed.). Frenchs Forest: Pearson Education.

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag). (2022). Statistik Pendidikan Islam Tahun 2022. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Nasution, R. (2020). Strategi pendidikan pencegahan narkoba pada remaja di lingkungan pendidikan berbasis agama. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 8(2), 201–210.

Pratama, H., Sari, N., & Rahman, A. (2020). "Literasi Narkoba pada Kalangan Pelajar dan Implikasinya terhadap Perilaku Pencegahan". Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 45–53.

Rahman, A. (2021). Peran pesantren dalam pencegahan perilaku berisiko melalui pendidikan kesehatan. Jurnal Pendidikan Islam dan Kesehatan, 6(2), 123–134.

Setyawan, A. & Kurniawati, E. (2021). Efektivitas pendidikan sebaya dalam pencegahan perilaku berisiko pada remaja. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), 55–64.

Smelser, N. J. (1995). The Problem of Collective Behavior. New York: Free Press.

Wibowo, D. (2022). Pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui penguatan komunitas sekolah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia, 4(3), 145–153.

Zimmerman, M. A. (2000). Empowerment theory: Psychological, organizational, and community levels of analysis. In J. Rappaport & E. Seidman (Eds.), Handbook of Community Psychology (pp. 43–63). Boston: Springer.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Elvionita, C., Ferilda, S., Marsellinda, E., Primadhini, T. A., Ayudia, E., Desnita, E., Ferdian, A., & Putra, R. F. (2025). SANTRI CERDAS TANPA NARKOBA: EDUKASI DAN PENCEGAHAN DINI DI LINGKUNGAN PESANTREN . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2085–2092. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1270