PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DI SMAN 4 BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Sepriyadi Adhan S Fakultas Hukum Universitas Lampung
  • Ati Yuniati Fakultas Hukum Universitas Lampung
  • Siti Khoiriah Fakultas Hukum Universitas Lampung
  • Keysa Bila Aldama Fakultas Hukum Universitas Lampung
  • Rahel Tita Azarya Fakultas Hukum Universitas Lampung
  • Muhammad Labib Muhadz Fakultas Hukum Universitas Lampung

Keywords:

kenakalan remaja, kreativitas, literasi digital, pembiasaan karakter

Abstract

Remaja merupakan kunci utama dalam pencegahan kenakalan remaja yang perlu dimulai sedini mungkin. Salah satu faktor penyebab kenakalan remaja adalah tingginya tindak kriminal yang dilakukan oleh anak usia remaja. Melalui peran generasi muda sebagai agen perubahan dalam era transformasi digital, pengembangan kreativitas dan pembiasaan karakter positif, baik di sekolah maupun lingkungan sosial, diharapkan mampu menekan risiko kenakalan remaja. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kebiasaan positif siswa SMAN 4 Bandar Lampung melalui intervensi berupa penyuluhan, pelatihan praktik, dan diskusi partisipatif. Metode pelaksanaan menggunakan evaluasi pre-post dengan melibatkan 50 peserta (siswa dan guru), menggunakan instrumen kuesioner berjumlah 10 butir serta observasi partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas dan literasi digital melalui pembiasaan karakter efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapan siswa untuk mencegah kenakalan remaja. Program ini direkomendasikan untuk diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah dan dipantau secara berkelanjutan untuk menjaga dampak positif.

References

APJI. (2022). Laporan Survei Internet APJII

-2022. Apjii, April, 2–5.

Kadir, A., Risnawati, R., & Anwar, K. (2023).

Digital Literacy, Peer Confirmity, and

Juvenile Delinquency Senior High School

in Keritang. POTENSIA: Jurnal

Kependidikan Islam, 9(1), 117.

https://doi.org/10.24014/potensia.v9i1.238

Pakpahan, C., Zebua, V. A., Sembiring, M. E. B.,

Tafonao, E., & Simamora, K. (2025).

Pengembangan Kreativitas Dan Literasi

Digital Sebagai Upaya Pencegahan

Kenakalan Remaja Di Smk Swasta

Tamansiswa Lubuk Pakam 1. BHAKTI

NAGORI (Jurnal Pengabdian kepada

Masyarakat), 5(1), 131–139.

https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i

4239

Pramudita, N., Rafa, N., Utomo, P., Hussein, K.,

& Ayu, K. (2025). Dampak Penggunaan

Media Sosial terhadap Tingkat Perilaku

Kenakalan Remaja di Era Digital Saat Ini

Ilmu Komunikasi , Universitas Semarang ,

Kota Semarang , Indonesia Perlindungan

Anak , Ancaman Serius Generasi Emas

Indonesia ” dengan jelas menunjukkan

peru. 1, 231–244.

Suryabrata, S. (2019). Psikologi Kepribadian.

Raja Grafindo Persada.

Syamsuddin, A. (2016). Psikologi Pendidikan.

PT Remaja Rosdakarya.

Yolanda, A., & Pramudyo, G. N. (2024). Literasi

Digital sebagai Sarana Mencegah Perilaku

Cyberbullying pada Remaja Kota

Tangerang di Media Sosial Instagram.

Anuva, 8(1), 161–172.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Adhan S, S., Yuniati, A., Khoiriah, S., Bila Aldama, K., Tita Azarya, R., & Labib Muhadz, M. (2025). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DI SMAN 4 BANDAR LAMPUNG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 2112–2119. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1261