PENDIDIKAN KESEHATAN: KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kesehatan Gigi dan Mulut, Penyuluhan KesehatanAbstract
Gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia, jika gigi bermasalah (sakit gigi) maka akan mengalami kesulitan berbicara, makan dan menyebabkan aktivitas terganggu. Jika mengabaikan kesehatan gigi dan mulut, maka akan menjadi sarang kuman di dalam rongga mulut yang dapat berakibat kerusakan gigi. Masalah gangguan kesehatan gigi dan mulut dapat dicegah sejak dini dengan menerapkan oral hygiene dengan baik.Salah satu cara menyebarkan informasi terkait penerapan oral hygiene adalah melalui kegiatan penyuluhan kesehatan. Penyuluhan kesehatan yang dilakukan merupakan kegiatan dalam upaya meningkatkan pengetahuan seseorang tentang suatu informasi .Tujuan kegiatan ini adalah memberi pengetahuan dan menumbuhkan sikap yang peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut dalam kalangan anak sekolah dasar . Bentuk kegiatan adalah ceramah,tanya jawab dan demontrasi . Sasaran kegiatan adalah anak – anak sekolah dasar dengan rentang usia 6 – 8 tahun . Kegiatan berlangsung kurang lebih selama 60 menit, melalui ruang pertemuan atau ruang kelas . Melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan pengetahuan anak – anak sekolah dasar meningkat yang ditunjukkan dengan nilai post-test dalam rentang baik dan seluruh anak dapat mendemontrasikan cara mensikat gigi dengan benar. Setelah penyuluhan dilakukan pengetahuan dalam kategori baik tentang cara menjaga kesehatan dan mulut meningkat dari 31% menjadi 87,51% dan psikomotor dalam kategori baik dari 43% meningkat menjadi 100% siswa mampu mempraktikkan cara menyikat gigi dengan benar.
References
Adiba, T. R., Supriyadi, S., & Katmawanti, S. (2020). Efektivitas Permainan Ular Tangga Sebagai Media Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Siswa di SDN Landungsari 1 Kabupaten Malang. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 5(1), 1-7
Aprilia, A. (2015, Juni). Obesitas pada Anak Sekolah Dasar. Medical Journal of Lampung University, 4(7), 45-48.
Fatimah, Ana Sidik and Weni, Kurdanti and Th. Ninuk Sri, Hartini (2019) Efektivitas Penyuluhan Gizi Menggunakan Media PGS Cards Dibandingkan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Fatmasari, D., Purba, A., & Salikun. (2019). MEDIA PERMAINAN TEBAK GAMBAR EFEKTIF DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MENYIKAT GIGI DIBANDINGKAN DENGAN MEDIA BOOKLET. Jurnal Kesehatan Gigi , 75-79.
Jumriani, J., Asriawal, A., Basrah, A. F., & Pariati, P. (2022). Penggunaan Media Penyuluhan Audio Visual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak Sekolah Dasar Kelas V SD Negeri Maccini 2 Kota Makassar. Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar, 21(1), 54-66.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANGJakartaKementrian Kesehatan RI.
Mulyono, S. (2020). Peran Perawat Sekolah dalam Memberikan Edukasi Kesehatan Terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Sekolah: Tinjauan Literatur. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes.
Nuryanto, N., Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 3(1), 32-36. https://doi.org/10.14710/jgi.3.1.121-125
Pamungkas, T. (2016, Februari 6). gizi.unimus.ac.id. Retrieved 2022, from unimus.ac.id: https://gizi.unimus.ac.id/?p=227
Rahmawati, T., & Marfuah, D. (2016, September). Gambaran Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar. Profesi (Profesional Islam), 14(1), 72-76.
Rohmah, N., Subirman, & K, I. (2016). Pendidikan Gizi Anak Sekolah Dasar Pada Daerah Hujan Tropis Kalimantan Timur. HIGIENE, 122-125.
Rokom. (2017, Februari 16). Sehat Negriku Sehatlah Bangsaku. Retrieved from Status Gizi Balita dan Interaksinya: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/blog/20170216/0519737/status-gizi-balita-dan-interaksinya/
Selviyanti, S. S., Ichwanuddin, I., Judiono, J., Suparman, S., & Tiara, D. N. (2019). Penyuluhan Gizi Dengan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Pesan Umum Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 82-91. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.674
Suiraoka, I. P., & Kusumayanti, G. D. (2020). Pemanfaatan Media Penyuluhan Gizi Lembar Balik oleh Dokter Kecil Dalam Program UKS Di Sekolah Dasar Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Tahun 2019. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 2(3), 182-187.
Utami, M. A. (2020). Pengaruh Media Wayang dan Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Health Development, 2(3), 154-162.
Veronica, S. Y., Qurniasih, N., Utami, I. T., & Febrianti, H. (2019). PENINGKATAN GIZI ANAK SEKOLAH DENGAN ISI PRIINGKU. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Ungu , 47-50.
Wicaksono, A. W., Nafi’ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 408–420. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1635
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahayu Setyaningsih, Rio Kristian Nugroho, Aprilia Nuryanti, Sutriono Suyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















