MENANAMKAN SIKAP SALING MENGHARGAI MELALUI PROGRAM SOSIALISASI ANTI-BULLYING

Authors

  • Tansri Adzlan Syah Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Robbi Amanulloh Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
  • Anesti Laurina Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
  • Fika Ulfiyanti Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Keywords:

anti-bullying, socialization, mutual respect, Children

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menanamkan sikap saling menghargai melalui peningkatan kesadaran anak-anak terhadap nilai anti bullying. Kegiatan dilaksanakan di Pekon Way Kunyir, Kecamatan Pagelaran Utara, dengan melibatkan siswa SD dan PAUD sebagai peserta. Metode yang digunakan adalah sosialisasi langsung di dalam ruangan dengan penyampaian materi, cerita bergambar, dan diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mampu mengenali perilaku bullying, memahami dampaknya, serta menampilkan sikap empati dan menghargai. Hal ini membuktikan bahwa sosialisasi anti bullying efektif dalam memperkuat kesadaran anak-anak sekaligus membentuk karakter positif.

Author Biographies

Tansri Adzlan Syah, Universitas Muhammadiyah Lampung

Dosen Pembimbing Lapangan, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Lampung.

Robbi Amanulloh, Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung

 

Anesti Laurina, Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Lampung

Fika Ulfiyanti, Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Mahasiswa Sastra INggris Universitas Muhammadiyah Lampung

References

Aprilia, Y. A., Rahmiati, R., & Isnaini, N. (2023). Pengaruh perkembangan pendidikan karakter dalam mengatasi masalah bullying di Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 257–271. [https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1588](https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1588).

Asrorurrosyidin, M., Rahmawati, R., & Syafitri, H. (2023). Pencegahan bullying anak usia sekolah dasar melalui kegiatan sosialisasi. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN). [https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/ampoen/article/view/2054](https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/ampoen/article/view/2054).

Istighfarin, A., Aini, D. N., & Khudin, M. (2024). Sosialisasi anti-bullying dengan metode kreatif sebagai upaya peningkatan pemahaman dan perilaku baik siswa di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(3). [https://doi.org/10.47134/jpi.v1i3.3120](https://doi.org/10.47134/jpi.v1i3.3120).

Maisaroh, S., & Jannah, S. M. (2023). Analisis perilaku bullying siswa di sekolah dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(3). [https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7351](https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7351).

Rigby, K. (2008). Children and bullying: How parents and educators can reduce bullying at school. Malden, MA: Blackwell Publishing.

Rohmah, N., Oktaviana, A., & Sefriyanti. (2025). Pencegahan bullying pada anak usia dini berbasis penguatan nilai agama dan moral. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 4574–4579. [https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1002](https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1002).

Sarbaini, W., Lubis, S. R., & Suhendra Saragih, M. A. T. (2023). Sosialisasi anti-bullying sebagai upaya pencegahan kekerasan di lingkungan sekolah SMAN 4 Medan. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1). [https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.361](https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.361).

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Syah, T. A., Robbi, Laurina, A., & Ulfiyanti, F. (2025). MENANAMKAN SIKAP SALING MENGHARGAI MELALUI PROGRAM SOSIALISASI ANTI-BULLYING . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 1918–1925. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1236