PELATIHAN PENGEMBANGAN KEGIATAN NUMERASI BERBASIS MERDEKA BELAJAR MERDEKA BERMAIN PADA GURU DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Keywords:
Anak Usia Dini, Numerasi, Merdeka Bermain-Merdeka BelajarAbstract
Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai jenjang pendidikan yang mengupayakan pembinaan kepada anak usia 0 sampai 6 tahun melalui berbagai stimulus dalam proses pendidikan. Hal ini sebagai upaya untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan agar lebih optimal serta mempersiapkan anak dalam memasuki pendidikan dasar selanjutnya.. Salah satunya melalui keterampilan numerasi yang dibutuhkan anak dalam bentuk pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang dapat menggunakan matematika pada aktivitas sehari-hari. Kurikulum dalam pembelajaran PAUD mengalami perubahan disesuaikan dengan kebutuhan anak serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PAUD disesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak dalam kegiatan bermain sambil belajar. Oleh karena itu implementasi dalam pembelajaran PAUD menjadi kurikulum merdeka bermain merdeka belajar. Sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam pengembangan kegiatan numerasi sebagai salah satu implementasi kurikulum merdeka bermain merdeka belajar, tim Program Pengabdian Masyarakat melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan kegiatan numerasi berbasis merdeka belajar merdeka bermain pada guru TK ABA 14 Surabaya.
References
Aisyah., Hasiana, Isabella., Affrida Ervin Nurul. 2002. Pelatihan Pengembangan Kemampuan Seni dengan APE Berbasis Bahan Kertas Asturo bagi Komunitas PRaktisi Program Sekolah Penggerak Wilayah Surabaya 2. Jurnal Abdimas Peka. Vol 5 No.2. hal 138-146. https://doi.org/10.33508/peka.v5i2.4370 .
Affrida, EN. 2018. Model Pembelajaran Literasi Dasar dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Wahana. Vol. 70 No. 2. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i2.1736
Akbar, Eliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Karina, Vega. (2017). Smart Practice Book: Matematika untuk PAUD dan TK. Jakarta: Cikal Aksara. Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195-208.
Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.
Lelya, Hilda et.all. (2022). Menjadi Guru Hebat: Cakap Literasi, Cakap Numerasi dan Berkarakter. Bandung: Haura Sukabumi.
Safitri, Utari., Aisyah., Affrida, Ervin Nurul. 2022. Pengaruh Media Kintar terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Remaja Surabaya. Jurnal Incrementapedia. Vol 4 No.2 https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6635
Yustitia, V., & Siswono, T. Y. E. Abadi.(2021). The effect of mathematics self-efficacy on numeracy skills of prospective elementary school teachers. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3405-3417.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ervin Nurul Affrida, Andri Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.