PENINGKATAN LITERASI AL-QURAN MELALUI PENDAMPINGAN BTQ BERBASIS METODE TAJWID PADA PESERTA DIDIK SMP IT AR-RAUDHAH
Keywords:
Peningkatan Literasi, Membaca dan Menulis Al-Quran, Tajwid, SMP IT Ar-RaudahAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMP IT Ar-Raudhah dengan tujuan meningkatkan literasi Al-Qur’an siswa melalui program pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) berbasis kaidah tajwid. Program ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sebagian siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan benar, terutama dalam penerapan makhraj huruf, hukum tajwid, dan kelancaran tartil. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan dilakukan observasi lapangan dan pra-test untuk memetakan kemampuan awal siswa dalam membaca Al-Qur’an. Tahap pelaksanaan dilaksanakan selama enam sesi pertemuan dengan metode talaqqi, latihan kelompok, pembetulan bacaan individual, dan refleksi bersama. Tahap evaluasi dilakukan melalui post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca Al-Qur’an, di mana persentase siswa yang membaca sesuai kaidah tajwid meningkat dari 30–40% menjadi 75–80%. Selain peningkatan kemampuan teknis membaca, kegiatan ini juga menumbuhkan motivasi, kecintaan, dan kesadaran beragama terhadap Al-Qur’an. Dengan demikian, program pendampingan BTQ berbasis tajwid ini terbukti efektif dan dapat dijadikan model kegiatan serupa di lembaga pendidikan lainnya dalam rangka memperkuat literasi Al-Qur’an generasi muda.
References
Apriyanti, L. F. (2022). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kekuatan Hafalan Al-Qur’an (Penelitian Pada Santri Rumah Ngaji Yatim Assabil Ciparay Kabupaten Bandung). As-salam: jurnal ilmiah ilmu-ilmu keislaman, 6(2).
Ari Susetiyo & Suttrisno. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Kediri. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 277–283.
Ariyanto, N. (2024). Tujuan Mempelajari Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Ke Mampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(7).
Asmawadi, A. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq). Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 9–16.
Ernawati, T., Sapri, S., & Fithriani, R. (2024). Implementasi Literasi Al–Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al–Husna. Research and Development Journal of Education, 10(1), 70.
Faradillah, W., & Akbar, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Berdasarkan Ilmu Tajwid Di Taman Pengajian Al-Qur’an Mir’atul Mujahid Kecamatan Latambaga Kabupaten Koaka. Jurnal Teknologi pendidikan Madrasah, 7(2024).
Hidayat, A., & Tarihoran, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Qiro’ati Dan Peran Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa. QATHRUNÂ, 7(2), 1.
Maria Widya Wanti, Amalia Salsabilla, Khairunnisa Salsabila Putri Prameswari, Busro Muhammad Al Mursyidi, Solchan Ghozali, M. Yusron Maulana El-Yunusi, M. Hariri, Mas Ishaq Rizal, Faiq Imanuddin, Suhaidin Dena, & Moh. Firman Haqiqi. (2024). Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Melalui Pelatihan Tajwid di Desa Pasinan. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(5), 160–175.
Neliwati, Siregar, F. H., Wildan Sitorus, & Pane, N. E. (2024). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMPN 8 Percut Sei Tuan. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(2), 791–806.
Nurjanah, T. S. S. & Syahrul. (2024). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 4(1),
Omar, N. B., Yusof, N. H. B., Ismail, F. Z., & Abdullah, W. F. B. W. (2020). Kesalahan Bacaan Al-Quran Dalam Tilawah Al-Quran Dan Kriteria Evaluasi. Tamaddun, 21(1), 115.
Sari, K. P., & Mahariah, M. (2023). Literasi Al-Quran di Sekolah: Program Akselerasi Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Quran. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 587–604.
Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1),
Zaeni, A., & Ningsih, N. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Melalui Penerapan Metode An-Nahdliyah. 4(3).
Zulfirman, R. (2022). Implemetasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Medan. Jurnal Penelitian, pendidikan dan pengajaran, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hayati, Irfan Hidayat , Rifki Algifahri, Naf'an Tarihoran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















