PENGUATAN KOMUNITAS PRODUSEN GULA AREN DI DESA SEGOBANG GUNA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Authors

  • Mohammad Helmi Wakhit Yansyah
  • Luhur Gerian Citra Pristiawan
  • Lintang Aurora Dyah Pitaloka
  • Nandana Ivan
  • Hari Purnomo
  • Ahmad Wahyu Ali Wafi
  • Muhammad Ilham Habibi
  • Arum Kurniasari Universitas Jember
  • Mustika Ayu Maharani
  • Lutfi Indah Fitriani
  • Rayhan Wahyu Firdaus
  • L. Dyah Purwita Wardani

Keywords:

Palm Sugar, Community, Branding

Abstract

Gula Aren merupakan bahan pangan yang kaya akan nutrisi bagi kesehatan. Segobang, kawasan pedesaan dengan topografi perbukitan menyimpan banyak sekali pohon aren. Kurangnya pengetahuan membuat produksi gula aren Segobang hanya dilakukan secara sederhana. Selain itu, petani tidak memiliki nilai tawar karena harga dikontrol oleh tengkulak. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian antara lain: 1) Analisis potensi lokal desa; 2) Pemilihan mitra; 3) Pembentukan komunitas; 4) Pelatihan dan Pendampingan. KKN UMD Universitas Jember hadir dalam rangka membantu melakukan pendampingan melalui pembentukan komunitas serta branding produk. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani gula aren di Desa Segobang.

References

Agustin, S., Nurhayati, R., Wulan, S., Nur, M. J., & Is, S. S. (2024). Strategi Pengembangan Branding Identitas Lokal Sebagai Pendorong Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 321–326. https://doi.org/10.30762/welfare.v2i2.1429

Alisa Septivianti, N., & Made Ida Pratiwi, N. (2023). Pengaruh Desain Kemasan Produk UMKM terhadap Minat Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 164–166. https://doi.org/10.62017/jemb

Aulia, E., Zawawi, Z., & Warmana, G. O. (2024). Pemanfaatan Branding Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Produk UMKM Penjaringansari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 994–999. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2413

Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458

Fadli, Asngadi, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Strategi Pemasaran Gula Aren dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Sikara Tobata, Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(2), 278–287. https://doi.org/10.55606/mri.v1i2.1087

Hadi, S., Soetriono, Subekti, S., Aji, J. M. M., & Rizal, N. S. (2024). Sustainability and Strategy for Development of the Village-Owned Enterprise (BUMDes) Concept for Coastal Communities through Triple Bottom Line and Interpretative Structural Modeling. Journal of Global Innovations in Agricultural Sciences, 12(4), 1059–1069. https://doi.org/10.22194/JGIAS/24.1394

Harahap, M., Bilgies, A., Nurjanah, S., Syamsuri, & Wijayanto, G. (2024). Pengembangan Branding Lokal Berkelanjutan: Mempromosikan Produk Unggulan dan Pariwisata Daerah melalui Pemasaran Berbasis Komunitas. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(2), 644–653. https://doi.org/10.33379/icom.v4i2.4208

Indrawan, S., Azmi, K., & Wiroto, N. (2024). Implementasi Desain Kemasan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1305–1309. https://doi.org/10.59837/zkga1j06

Laia, B. (2022). Sosialisasi Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Di Desa (Studi: Desa Sirofi). Haga : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.57094/haga.v1i2.325

Najamudin, F., & Al Fajar, A. H. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal Melalui Pendekatan Abcd Untuk Mencapai Sdg 1: Tanpa Kemiskinan. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 7(2), 142–158. https://doi.org/10.24198/focus.v7i2.58936

Pardono, P., Muhammad, D. R. A., Khomah, I., Ihsaniyati, H., & Setyowati, N. (2022). Peningkatan Brand Image Kopi Robusta Temanggung Berbasis Indikasi Geografis. Warta LPM, 25(1), 101–111. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.602

Purwasih, D. A., Hamid, I., & Hidayah, S. (2022). Ketergantungan Petani Karet Pada Tengkulak di Desa Tebing Tinggi Kecamtan Kelumpang Tengah Kabupaten KotaBaru. Huma: Jurnal Sosiologi, 1(1), 16–28. https://ppis.ulm.ac.id/index.php/JH/article/view/3

Putra, I. R. A. S., Wibowo, R. A., Purwadi, Andari, T., Asrori, Christy, N. N. A., Santoso, C. W. B., Harefa, H. Y., & Suryawardana, E. (2025). Village-Owned Enterprises Perspectives Towards Challenges and Opportunities in Rural Entrepreneurship: A Qualitative Study with Maxqda Tools. Administrative Sciences, 15(3), 1–16. https://doi.org/10.3390/admsci15030074

Putra, R. O. P. (2022). Pentingnya Branding Dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Bisnis Olahan Tempe Pada Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31412

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1415

Safa, Z. N., Dasipah, E., & Sukmawati, D. (2023). Pola Distribusi Perdagangan dan MPP (Margin Pengangkutan dan Perdagangan) Bawang Merah di Jawa Barat. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 11(2), 318. https://doi.org/10.35138/paspalum.v11i2.626

Suharto, E. L. S., Kurnia, Y. F., & Ferawati, F. (2021). Pengaruh Penambahan Gula Aren (Arrenga pinnata Merr.) dengan Konsentrasi yang Berbeda pada Yogurt terhadap Total Asam Tertitrasi, pH, dan Total Bakteri Asam Laktat. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 23(3), 284. https://doi.org/10.25077/jpi.23.3.284-289.2021

Susanti, I., Oktaga, A. T., Putri, M. A., & Heses, M. A. (2023). Membangun Brand Identity Produk Gula Aren. 8–11.

Utami, D. P. (2021). Strategi Branding Untuk Membangun Image Positif Pangan Lokal Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Journal of Food Technology and Agroindustry, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.24929/jfta.v3i1.1208

Vinsensia, D., Utami, Y., Jannah, N., & Wulandari, D. I. (2023). Penerapan Inovasi Desain Kemasan Sebagai Branding Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 4(3).

Widiastuti, A., Saputri, A., Riani, L. P., Mulyani, E., & Samsudin, N. (2025). The Implementation of Social Entrepreneurship Values in Village-Owned Enterprise (BUMDes): Is it favorable? Jurnal Economia, 21(1), 157–169. https://doi.org/10.21831/economia.v21i1.79634

Wulandari, G. P. M., & Lestari, N. P. N. E. (2024). Transformasi Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Era Digital. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(3), 263–281. https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i3.3336

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Helmi Wakhit Yansyah, M., Gerian Citra Pristiawan, L., Aurora Dyah Pitaloka, L., Ivan, N., Purnomo, H., Wahyu Ali Wafi, A., Ilham Habibi, M., Kurniasari, A., Ayu Maharani, M., Indah Fitriani, L., Wahyu Firdaus , R., & Purwita Wardani, L. D. (2025). PENGUATAN KOMUNITAS PRODUSEN GULA AREN DI DESA SEGOBANG GUNA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 1899–1911. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1222