MAHASISWA MAGANG KEPENDIDIKAN TERINTEGRASI FKIP UNTIDAR MENGADAKAN BAZAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 2 KOTA MAGELANG

Authors

  • Italiana Ana Tasya Universitas Tidar
  • Welas Asih Pangesti Universitas Tidar
  • Mila Ayuni Lisdiana Universitas Tidar
  • Bayu Surya Satria Universitas Tidar

Keywords:

kewirausahaan, bazar, siswa SMK, magang kependidikan, pengabdian masyarakat

Abstract

Kegiatan bazar kewirausahaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Magang Kependidikan Terintegrasi FKIP Universitas Tidar di SMK Negeri 2 Kota Magelang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sekaligus memeriahkan peringatan HUT ke-80 Republik Indonesia. Metode pelaksanaan dilakukan melalui koordinasi dengan pihak sekolah, technical meeting, penyediaan stand, hingga pendampingan langsung selama kegiatan bazar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai proses bisnis sederhana mulai dari produksi, promosi, distribusi, hingga evaluasi penjualan. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong terbentuknya kelompok kewirausahaan siswa, tumbuhnya sikap mandiri, kreatif, dan inovatif, serta lahirnya figur pemimpin lokal di kalangan siswa. Dengan demikian, bazar kewirausahaan tidak hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga sarana pembelajaran kontekstual yang berkontribusi pada penguatan jiwa kewirausahaan, kemandirian ekonomi, dan daya saing siswa.

References

Aszahra, J., & Yuniningsih. (2024). Hasil Implementasi Kegiatan Bazar Kewirausahaan Pada Siswa SMPN 49. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 438–443. https://doi.org/10.5281/zenodo.13896476

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

Hanif, F., Al-Jihadi, M. Z., & Nuha, Z. U. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Bakti Sosial dan Bazar Murah di Dusun Klepu. Efada : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 150–155. https://doi.org/10.54214/efada.vol1.iss2.738

Kartikasari, N. M., & Santi, N. W. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy Terhadap Minat Siswa Dalam Berwirausaha (Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Singaraja). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 16(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpe.v16

Kosasih, N., Diany, A. A., Suchida, I., Lestari, T., & Amrulloh, R. (2024). Pelatihan Kewirausahaan untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Kanaan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(5), 1315–1320. https://doi.org/10.54082/jamsi.1391

Prabandari, E. T., & Rasyid, A. A. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAN MELALUI BUSINESS CENTER, PRAKERIN, DAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP KOMPETENSI BERWIRAUSAHA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 1–14.

Toar, Y. A. (2024). PROGRAM PELAYANAN SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN ENTERPRENEUR MUDA PADA SMA KRISTOFORUS II. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(03), 1723–1730. https://ejournal.stpmataram.ac.id/Amal

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Tasya, I. A., Pangesti, W. A., Lisdiana, M. A., & Satria , B. S. (2025). MAHASISWA MAGANG KEPENDIDIKAN TERINTEGRASI FKIP UNTIDAR MENGADAKAN BAZAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 2 KOTA MAGELANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1787–1792. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1218