MAHASISWA MAGANG KEPENDIDIKAN TERINTEGRASI FKIP UNTIDAR MENGADAKAN BAZAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 2 KOTA MAGELANG
Keywords:
kewirausahaan, bazar, siswa SMK, magang kependidikan, pengabdian masyarakatAbstract
Kegiatan bazar kewirausahaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Magang Kependidikan Terintegrasi FKIP Universitas Tidar di SMK Negeri 2 Kota Magelang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sekaligus memeriahkan peringatan HUT ke-80 Republik Indonesia. Metode pelaksanaan dilakukan melalui koordinasi dengan pihak sekolah, technical meeting, penyediaan stand, hingga pendampingan langsung selama kegiatan bazar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai proses bisnis sederhana mulai dari produksi, promosi, distribusi, hingga evaluasi penjualan. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong terbentuknya kelompok kewirausahaan siswa, tumbuhnya sikap mandiri, kreatif, dan inovatif, serta lahirnya figur pemimpin lokal di kalangan siswa. Dengan demikian, bazar kewirausahaan tidak hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga sarana pembelajaran kontekstual yang berkontribusi pada penguatan jiwa kewirausahaan, kemandirian ekonomi, dan daya saing siswa.
References
Aszahra, J., & Yuniningsih. (2024). Hasil Implementasi Kegiatan Bazar Kewirausahaan Pada Siswa SMPN 49. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 438–443. https://doi.org/10.5281/zenodo.13896476
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Hanif, F., Al-Jihadi, M. Z., & Nuha, Z. U. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Bakti Sosial dan Bazar Murah di Dusun Klepu. Efada : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 150–155. https://doi.org/10.54214/efada.vol1.iss2.738
Kartikasari, N. M., & Santi, N. W. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy Terhadap Minat Siswa Dalam Berwirausaha (Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Singaraja). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 16(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpe.v16
Kosasih, N., Diany, A. A., Suchida, I., Lestari, T., & Amrulloh, R. (2024). Pelatihan Kewirausahaan untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Kanaan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(5), 1315–1320. https://doi.org/10.54082/jamsi.1391
Prabandari, E. T., & Rasyid, A. A. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAN MELALUI BUSINESS CENTER, PRAKERIN, DAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP KOMPETENSI BERWIRAUSAHA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 1–14.
Toar, Y. A. (2024). PROGRAM PELAYANAN SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN ENTERPRENEUR MUDA PADA SMA KRISTOFORUS II. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(03), 1723–1730. https://ejournal.stpmataram.ac.id/Amal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Italiana Ana Tasya, Welas Asih Pangesti, Mila Ayuni Lisdiana, Bayu Surya Satria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















