UPAYA PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR ANAK MELALUI INTEGRASI POJOK LITERASI DAN BIMBINGAN BELAJAR

Authors

  • Mista Rani Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Indira Anastasya Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
  • Erwin Hamid Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
  • Tansri Adzlan Syah Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Keywords:

literasi, bimbingan belajar, semangat belajar, pendidikan desa

Abstract

Pendidikan menjadi faktor utama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, namun akses pendidikan formal di wilayah pedesaan seperti Pekon Way Kunyir masih sangat terbatas. Melalui program Pojok Literasi dan Bimbingan Belajar (Teras Ilmu) yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Lampung, dilakukan upaya sederhana untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak desa dengan menyediakan pojok literasi, koleksi buku, serta pelaksanaan bimbingan belajar tiga kali seminggu. Evaluasi berdasarkan kehadiran, partisipasi, dan respons masyarakat menunjukkan peningkatan minat baca dan motivasi belajar anak. Program ini membuktikan efektivitas integrasi pojok literasi dan bimbingan belajar sebagai strategi pendidikan alternatif berbasis komunitas di daerah pedesaan.

Author Biographies

Indira Anastasya, Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Erwin Hamid, Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lampung.

Tansri Adzlan Syah, Universitas Muhammadiyah Lampung, Bandar Lampung, Indonesia

Dosen Pembimbing Lapangan, Universitas Muhammadiyah Lampung.

References

Apriyani, R. (2024). Fostering reading habits: The impact of the Reading Corner Program in elementary schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 7(3), 503–514. Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha

Juliansyah, F., & Rukmana, D. (2022). The effect of the Reading Corner Program on increasing reading interest. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). ResearchGate

Wijaya, A. W. A. (2025). School-based literacy program to improve students’ reading competencies in early years of primary education in rural areas. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 9(1), 1–19. ResearchGate

Rahmawati, I. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Lingkungan Belajar yang Kondusif. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 112–120.

Siregar, N. (2020). Program Literasi Berbasis Komunitas sebagai Alternatif Pendidikan di Wilayah Terpencil. Jurnal Literasi Nusantara, 5(1), 45–55.

Yuliana, A. (2022). Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(3), 67–75.

Wikipedia. (2023, September 28). Way Kunyir, Pagelaran Utara, Pringsewu. Diakses dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Way_Kunyir%2C_Pagelaran_Utara%2C_Pringsewu

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Rani, M., Anastasya, I., Hamid, E., & Syah, T. A. (2025). UPAYA PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR ANAK MELALUI INTEGRASI POJOK LITERASI DAN BIMBINGAN BELAJAR . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(05), 1891–1898. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1215