ASAL USUL MAKANAN SEHAT: PENGENALAN SUMBER MAKANAN SEHAT LEWAT AKTIVITAS INTERAKTIF SISWA DAN SISWI SD

Authors

  • Sabira Aiskha Kalyana Putri Universitas Diponegoro
  • Dienda Aulia Rahma Universitas Diponegoro
  • Dina Agape Romauli Hutapea Universitas Diponegoro
  • Surya Hilmy Ramadhan Universitas Diponegoro
  • Hega Bintang Pratama Putra Universitas Diponegoro
  • Yasmin Aulia Rachma Universitas Diponegoro

Keywords:

makanan sehat, edukasi interaktif, anak-anak, nutrisi, microgreen

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa-siswi SDN Panggung Lor kelas 1–5 tentang pentingnya makanan sehat berbasis sumber daya lokal. Kegiatan dilaksanakan pada 13 Juni 2025, diawali dengan survei dan diskusi bersama pihak sekolah. Metode yang digunakan mencakup penyampaian materi menggunakan media visual, permainan edukatif (matching game, roda gizi, dan tebak makanan sehat), serta praktik menanam microgreen. Pendekatan interaktif ini dirancang agar siswa lebih mudah memahami konsep gizi secara menyenangkan dan kontekstual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap makanan sehat dan kandungan gizinya. Praktik menanam microgreen juga memberikan pengalaman konkret tentang asal-usul makanan sehat dari lingkungan sekitar. Kegiatan ini membuktikan bahwa edukasi gizi dapat dilakukan dengan pendekatan sederhana dan menyenangkan, serta mampu menanamkan kebiasaan makan sehat sejak dini.

References

Dewi, C. N., & Tjenreng, M. B. Z. (2025). Pelayanan publik sebagai kunci penanganan stunting di Indonesia. YUME: Journal of Management, 8(2), 368–377.

Ermiati, C., Amanah, D., Utami, S., & Harahap, D. A. (2021). Minat beli konsumen terhadap sayuran organik pada pasar tradisional ditinjau dari persepsi harga dan sikap konsumen (studi pada Pasar Sambas Medan). Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 282–295.

Faisol, N. R. (2021). Pemberdayaan ketahanan pangan: Pengolahan tempe sebagai makanan alternatif di masa pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Chotib Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 94–115.

Handayani, N. S. (2024). Analisis keterkaitan konsep dasar geografi dengan materi IPS di kelas VI sekolah dasar. Pena Edukasia, 2(3), 123–129.

Irawanto, R. (2023). Pengelolaan kebun raya dalam konservasi tumbuhan Indonesia. Prosiding Semsina, 4(01), 322–329.

Miranti, D., & Murdana, I. M. (2025). Filosofi kuliner tradisional sebagai daya tarik wisata di Pawon 21 Bonjeruk Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Hospitality, 14(1), 547–564.

Partap, M., Sharma, D., Thakur, M., Verma, V., & Bhargava, B. (2023). Microgreen: A tiny plant with superfood potential. Journal of Functional Foods, 107, 105697.

Sisti, Y., & Suriani, A. (2025). Dari piring ke pikiran: Pengaruh konsistensi sarapan terhadap kemampuan fokus siswa SD. Jurnal Dinamika Sosial dan Sains, 2(5), 797–802.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Putri, S. A. K., Rahma, D. A., Hutapea, D. A. R., Ramadhan, S. H., Putra, H. B. P., & Rachma, Y. A. (2025). ASAL USUL MAKANAN SEHAT: PENGENALAN SUMBER MAKANAN SEHAT LEWAT AKTIVITAS INTERAKTIF SISWA DAN SISWI SD. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1627–1633. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1201