INOVASI PEMBELAJARAN MU’ADALAH DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL AMANATUL UMMAH
Keywords:
Program Pembelajaran, Kurikulum, Mu’adalahAbstract
Program pembelajaran mu’adalah merupakan program Madrasah Diniyah yang kurikulumnya disetarakan dengan kurikulum Al-Azhar, hasil dari penyetaraan ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan dan meningkatkan pelayanan pendidikan di pesantren. Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto merupakan Madrasah yang mengintegrasikan pendidikan formal dan mu’adalah dengan mengacu kurikulum nasional dan internasional, kurikulum nasional mengikuti Kemendikbud dan Kemenag sedangkan kurikulum internasionalnya distandarisasikan dengan kurikulum yang digunakan di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Dalam pengabdian ini membahas, 1) Apa bentuk program pembelajaran mu'adalah yang diterapkan di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto? 2) Bagaimana penerapan program pembelajaran mu'adalah di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto?. Adapun metode pengabdian ini menggunakan metode pengembangan masyarakat. Karena program pembelajaran mu’adalah di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberdayakan masyarakat, dengan fokus pada pengembangan Pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Karena Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet memiliki kurikulum mu'adalah terbaik yang mengacu pada kurikulum Al-Azhar Kairo dalam mewujudkan lulusan yang unggul dan bermutu serta mampu bersaing dan diterima di seluruh lapisan masyarakat.
References
Abdullah Shodiq, Pengembangan Kurikulum Pesantren Muadalah (Batu, Malang: Literasi Nusantara, 2019), 2.
Achmad Nur Naufal Marom, “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto” (Malang, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020), 9.
Ahmad Sopian, “Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan,” RAUDHAH Volume 1 (Juni 2016): No 1. 92.
Amir Hamzah, Metode Penelitian Kualitatif (Rekontruksi Pemikiean Dasar Natural Research (Malang: Literasi Nusantara, 2020), 155.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Pedoman Penyelenggaraan Pondok Pesantren (Jakarta, 2012), 1.
Hasil observasi pada hari Rabu malam Kamis bulan Februari 2023.
Hasil wawancara dengan wakil koordinator bagian kurikulum pada hari Senin, bulan April 2023.
Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Alfabeta, 2013), 3.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019), 78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raudatul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.