PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • R. Kewa Paji Universitas Citra Bangsa
  • Cornelia A. Naitili Universitas Citra Bangsa
  • Yulsy M. Nitte Universitas Citra Bangsa Kupang
  • Ariance Mandala Universitas Citra Bangsa
  • Yufita Olla Universitas Citra Bangsa
  • Kornelia Agata Desa Universitas Citra Bangsa
  • Bervasias Helmina Goma Universitas Citra Bangsa
  • Septus Ibrahim Taemnanu Universitas Citra Bangsa
  • Frit Cors Nalle Universitas Citra Bangsa
  • Roswita Goresti Bulu Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Media, rangkaian seri, rangkaian paralel, motivasi belajar, IPAS

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penggunaan media rangkaian seri dan paralel dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN Fontein 2. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pengajaran langsung menggunakan media rangkaian, diskusi, dan evaluasi. Hasil pegabdian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan terbukti dari peningkatan partisipasi dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Penggunaan media ini berhasil menarik perhatian siswa dan memudahkan pemahaman konsep-konsep IPAS yang diajarkan.

References

Naitili, C. A., Tulle, A. A., & Tanggur, F. S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(2), 228–241. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i2.1356

Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Tadris, 6(1), 45-57.

Saefullah, A., et al. (2018). Pengembangan Perangkat Praktikum Listrik Dinamis Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 123-130.

Suhelayanti, dkk. (2023). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wahyudi, dkk. (2020). Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Praktik (APP) IPA Sederhana pada Materi Rangkaian Listrik bagi Guru-Guru SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2), 84-88.

Wayan, S. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 9(1), 1-10.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Paji, R. K., Naitili , C. A., Nitte, Y. M., Mandala, A., Olla, Y., Desa, K. A., Goma, B. H., Taemnanu, S. I., Nalle, F. C., & Bulu , R. G. (2025). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1447–1453. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1194